Hadiri HKG PKK ke-52, Bupati Sergai Tekankan Pentingnya Peran PKK Dalam Pembangunan Masyarakat

Pantai Cermin,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52 Kabupaten Sergai Tahun 2024 yang diadakan di Aula Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis, (20/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menekankan pentingnya peran PKK dalam pembangunan masyarakat. PKK, sebagai gerakan nasional, Bupati yakini dapat memberdayakan masyarakat dan mewujudkan keluarga yang beriman, berakhlak mulia, berbudhi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, serta kesetaraan gender dan sadar hukum dan lingkungan.

“Kami berpesan agar kader PKK dapat memaksimalkan perannya dalam memberdayakan PKK dan bermitra dengan pemerintah daerah. Sinergi antara PKK dan pemerintah diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dalam penanganan stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dengan penuh syukur, dirinya menyebut angka stunting di Kabupaten Sergai telah turun dari 21,1% ke 14,4%.

“Saya berharap harapan agar PKK dapat menginspirasi keluarga-keluarga di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sergai, untuk melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan serupa, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya adalah organisasi kaum perempuan yang memiliki peran meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

“Selain itu, PKK juga sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK,” ucapnya.

Ia melanjutkan, peringatan HKG yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengenang sejarah lahirnya PKK sehingga timbul motivasi dan semangat dalam diri setiap kader guna mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Tema HKG PKK ke-52 tahun 2024 ini yaitu “bergerak bersama PKK wujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju”. Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Rosmaida Saragih menegaskan TP-PKK akan berupaya semaksimal mungkin dalam mendukung pelaksanaan seluruh program pembangunan pemerintah.

“TP-PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang bersinergi dengan 10 Program Pokok PKK untuk menjadikan Sergai yang Maju Terus,” tandasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Budi

Admin : Julia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *