TP PKK Sergai Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

Sei Rampah,

Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengadakan kegiatan pencegahan kekerasan terhadap anak yang melibatkan berbagai pihak dan pemangku kepentingan, Rabu (26/6/2024) bertempat di Aula Sultan serdang Kompleks Kantor Bupati , di Sei Rampah.

Mengawali sambutannya saat menghadiri acara ini, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan bahwa kekerasan terhadap anak, baik secara fisik, seksual, maupun emosional, adalah permasalahan yang membutuhkan perhatian dan penanganan serius dari berbagai pihak.

“Dampak dari tindak kekerasan anak dapat sangat merugikan dan traumatis bagi korban, serta mengancam tumbuh kembang anak secara fisik, mental, dan sosial. Maka dari itu, pemerintah daerah berkomitmen penuh untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi tumbuh kembang anak-anak. seluruh instansi pemerintah, lembaga masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya harus bersinergi dalam mewujudkan perlindungan anak yang efektif”, ucap Bupati.

Kemudian lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa salah satu wujud komitmen pemerintah dalam menjamin rasa aman dan nyaman khususnya bagi perempuan dan anak yaitu membuat Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) yang menjamin pemenuhan hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak.

Dikatakannya lebih lanjut ukuran keberhasilan dari pembangunan dan pengembangan DRPPA, antara lain sejauh mana kebijakan di desa, mengatur tentang implementasi DRPPA, meningkatnya perempuan wirausaha di desa, meningkatnya keterwakilan perempuan di struktur desa maupun badan permusyawaratan desa (BPD), meningkatnya partisipasi perempuan dan anak dalam proses pembangunan desa, meningkatnya peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan anak, tidak ada anak yang bekerja, tidak ada anak yang menikah di bawah usia 18 tahun, serta tidak ada kekerasan terhadap perempuan dan anak. Jika terjadi kekerasan, maka perempuan dan anak korban kekerasan mendapatkan layanan yang komprehensif.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan bahwa kekerasan terhadap anak merupakan masalah serius yang perlu ditangani bersama.

Tim Penggerak PKK berkomitmen penuh untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif bagi tumbuh kembang anak-anak. Seluruh jajaran PKK di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten, harus bersinergi dalam memperkuat peran dan fungsi PKK sebagai mitra pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Tim Penggerak PKK berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait untuk terus berusaha dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, khususnya untuk perempuan dan anak. Agar semakin banyak perempuan desa yang mampu mandiri secara ekonomi, sehingga kesejahteraan diri dan keluarganya meningkat, pengasuhan kepada anak lebih berkualitas, mampu mencegah terjadinya kekerasan kepada perempuan dan anak, serta mampu mencegah terjadinya perkawinan anak, dan pekerja anak” ucap Rosmaida.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, Ketua Bidang I TP PKK Sergai Ny. Hj Aini Zetara Adlin Tambunan, Kadis PMD Sergai Drs. Fajar Simbolon dan seluruh pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Upi/titi

Reporter : Ipur

Admin : Julia

 

97 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *