Hadiri Gebyar Kelulusan Siswa, Bupati Sergai Sebut Setiap Anak Unik dan Memiliki Keunggulan

Sei Rampah,

Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), seluruh pihak terkait perlu menyadari pentingnya pengembangan minat dan bakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan saat menghadiri Gebyar Kelulusan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran (TP) 2023/ 2024 yang diselenggarakan di Halaman Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (26/6/2024). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan perlombaan religi dan khatam Al-Qur’an dan diikuti seribuan siswa-siswi SD dan SMP se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai menyebut, sangat penting untuk mengadakan kegiatan ini bagi siswa-siswi kelas VI SD dan kelas IX SMP untuk memastikan bahwa setiap momen itu sangat berharga dan perlu diapresiasi.

“Setiap anak adalah pribadi yang unik. Meskipun dalam proses perkembangannya terdapat banyak kesamaan, namun setiap anak akan memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing, walau kembar sekali pun. Setiap anak mempunyai keunggulan baik dalam pengetahuan, keterampilan, maupun perilaku,” terang Darma Wijaya.

 

Namun menurutnya, kebanyakan yang menjadi perhatian orang tua dan guru di Indonesia adalah kepandaian di bidang pengetahuan sahaja. Ia melihat, ada beberapa orang tua yang sudah mengenalkan berbagai macam pengetahuan kepada anak sejak usia dini, ketika anak masuk jenjang pendidikan PAUD atau TK, misalnya pengetahuan membaca, berhitung, les bahasa asing, dan sebagainya.

“Setiap anak mempunyai kapasitas yang berbeda. Satu anak bisa saja berhasil di satu bidang, namun anak yang lain belum tentu bisa mengikuti. Jika orang tua sadar anaknya tidak bisa mengikuti, ada baiknya untuk tidak memaksakan anak untuk menguasai suatu bidang tertentu. Jangan sampai anak dipaksakan karena akan berdampak buruk bagi perkembangan anak ke depannya. Jangan lupakan bahwa tujuan PAUD atau TK adalah untuk membuat anak bergembira, belajar bersosialisasi dengan teman, belajar mengenal lingkungan, belajar menghormati guru dan orang tua,” ucap Bupati.

Sejalan dengan semangat dan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus “Mandiri, Sejahtera, dan Religius”, Darma Wijaya menyebut kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin yang akan menumbuhkan semangat anak-anak untuk terus belajar, meraih prestasi, dan tak lupa menanamkan jiwa religius.

“Kegiatan hari ini juga dirangkaikan dengan perlombaan religi dan khatam Al-Qur’an. Harapannya tentu untuk mewujudkan generasi yang Qur’ani dan berakhlakul karimah,” pungkasnya.

Sementara itu di kesempatan serupa, Wabup Sergai mengutarakan jika guru memiliki tugas mulia untuk mendidik anak di kelas sedangkan orang tua bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak di rumah.

“Tugas kita adalah memastikan mereka mendapatkan pendampingan yang pas dan tepat. Mari kita dampingi mereka dalam menemukan minat dan bakatnya masing-masing,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, Adlin Tambunan juga berharap kegiatan ini akan menjadi awal yang baik bagi insan pendidikan di Kabupaten Sergai.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Semoga kiranya kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar dan tentunya harapan kita semoga apa yang kita kerjakan senantiasa mendapat pertolongan dan rida dari Allah SWT,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, MM, para tokoh agama, tokoh masyarakat, para guru, orang tua dan siswa-siswi SD-SMP se-Kabupaten Sergai.

Teks/Editor : Ardi/Lenti

Reporter : Hans

Admin : Julia

102 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *