Sergai Gelar Kegiatan Pemutakhiran Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili Pj. Sekdakab Rusmiani Purba, SP, M.Si hadir dalam kegiatan Pemutakhiran Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), yang dihelat di Aula Sultan Serdang Kompolek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (2/7/2024).

Dalam sambutan Bupati Sergai Darma Wijaya melalui Pj Sekda Rusmiani Purba mengatakan bahwa kegiatan hari ini bukan sekedar formalitas saja, melainkan momentum untuk menjalin komunikasi yang baik antara Pemkab Sergai dan para pelaku kebudayaan.

“Kegiatan kali ini jangan hanya sekedar formalitas saja, namun ini adalah ruang untuk Para penggiat budaya dan masyarakat bertemu dengan Pemkab Sergai untuk melestarikan budaya secara bersama sama,” ujarnya.

Bupati menambahkan jika kebudayaan di Sergai begitu kaya dan beragam, dapat dilihat dari 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaannya dari setiap etnis yang ada baik berupa tradisi lisan, manuskrip, bahasa, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, permainan rakyat hingga olahraga tradisional yang diteruskan dari generasi ke generasi. Semua itu, katanya lagi merupakan bagian tak terpisahkan dari kekayaan kita yang patut kita lestarikan dengan sebaik baiknya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Bupati kita tidak hanya sekedar menyelenggarakan acara formal, tetapi lebih dari itu. Kegiatan ini sebagai momentum untuk menjalin komunikasi yang lebih erat antara pemerintah, masyarakat, dan para pelaku kebudayaan. Bersama-sama kita berkomitmen untuk menjadikan kebudayaan sebagai penggerak utama pembangunan yang berkelanjutan. Mari bersama-sama kita cari solusi, jalan keluar dan inovasi untuk menjaga dan mengembangkan kebudayaan kita.

“Kami ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menggagas kegiatan ini dan seluruh narasumber yang sudah hadir. Semoga kita dapat membagikan pengetahuan dan pengalaman masing-masing kepada seluruh yang hadir disini,” tutupnya.

Sebelumnya laporan panitia yang disampaikan Kadis Poraparbud Drs H Akmal, AP, M.Si mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini diantaranya; memberikan informasi terkait pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah kepada masyarakat (budayawan, sejarawan, seniman, lembaga, komunitas, sanggar dan kampung budaya); membuat tim penyusun pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah (pemutakhiran) yang ditetapkan bupati serdang bedagai dan mempunyai matriks hasil kajian analisis dan rekomendasi untuk implementasi pemajuan kebudayaan daerah jangka panjang, ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Komite Seni Budaya Nusantara Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ir H Soekirman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Fitriadi S.Sos M.Si, Sub Koordinator PPKD Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri MedanPersatuan Masyarakat Adat, Penggiat Budaya dan undangan lainnya. (Media Center Sergai).

Teks/Reporter : Hans

Editor : Rini Ry

Admin : Julia

 

178 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *