Diskominfo Sergai Ikuti Bimtek Pembuatan Konten Media Center Daerah

Balikpapan, MCSergai

Guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam mengelola angle, judul, lead, isi berita dan foto tentang program pembangunan infrastrutur, kesehatan, sosial dan pendidikan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Diskominfo Sergai) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Konten untuk Peningkatan Kompetensi Jurnalis Media Center Daerah Tahun 2018 bertempat di Swiss-Belhotel Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Bimtek yang dilaksanakan oleh Kementrian Kominfo RI melalui Direktorat Pengelolaan Media Publik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik tersebut dibuka oleh Plt. Direktur Pengelolaan Informasi Publik Kementrian Kominfo RI Sumiati, SE pada Rabu (21/3). Turut hadir Asisten Tata Pemerintahan Kota Balikpapan Saiful Bahri selaku mewakili Walikota Balikpapan, narasumber dari Redaktur Media Indonesia, Infopublik.id, serta pengelola media center dari 57 Provinsi/Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan Plt. Direktur Pengelolaan Informasi Publik tentang peran penting dengan penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis yang difokuskan kepada pengelola dan jurnalis media center daerah sebagai simpul penyebaran informasi dan komunikasi untuk disampaikan kepada publik.

Lebih lanjut disampaikan Sumiati, selain berperan besar dalam mendukung program e-Government di Pemerintahan Daerah maupun pusat, potensi media center untuk pemerintahan sangat besar dengan menjadi corong penyampai informasi pembangunan daerah kepada masyarakat. “Untuk itu, maka pengisian, penyusunan, aktualitas, dan akuratisme berita tersebut harus dikelola sebaik mungkin agar memancing minat masyarakat untuk mengakses informasi terkait pemerintah daerah melalui media center”, pungkasnya.

Para peserta bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 21 hingga 23 Maret mendatang tersebut akan diberikan pemahaman dan peningkatan kompetensi dalam hal materi menulis berita, menulis feature, jurnalistik foto dan foto essay, serta pemantapan peran pelayanan informasi publik melalui media center daerah.

Dari 57 pengelola media center yang menjadi peserta Bimtek, Sergai menjadi salah satu dari 4 Kabupaten/Kota yang berasal dari Sumatera Utara (Sumut) selain Pematang Siantar, Labuhan Batu dan Toba Samosir. (MCSergai/vivi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *