Bupati Soekirman Apresiasi Bina Pertiwi Sebagai Partner Tingkatkan Produksi Pertanian

Sei Bamban, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya, Kamis (27/9) menghadiri acara peresmian  Kantor PT Bina Pertiwi  Perwakilan Tebing Tinggi bertempat di Jl. Medan-Tebing Tinggi Km 9 Dusun 15 Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban. Acara dibuka dengan pemukulan gondang oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya serta jajaran PT. Bina Pertiwi dan Kubota dilanjutkan dengan pemberian ulos.

Turut hadir Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Mkhsin, S.Ag, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Presiden Direktur PT. Bina Pertiwi Rusli Surya beserta jajaran,  Presiden PT Kubota Machinery Indonesia Mr. Hisakazu  Kitanobo, Subdealer PT Capella Medan Luan Sie, Badrun Radhi dari PT United Tractors Medan, perwakilan OPD, Camat Sei Bamban, Muspika Kecamatan Sei Bamban, perwakilan dari Perbankan, Kades, tokoh masyarakat, para pengusaha dari Sergai maupun luar Sergai, kelompok tani dari Sergai maupun luar Sergai , pelaku usaha, serta masyarakat Sergai.

Mengawali sambutanya Bupati Sergai Ir H Soekirman mengajak seluruh yang hadir untuk bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena mendapat partner pemerintah yaitu adanya perusahaan penyedia alat mesin pertanian (alsintan) bagi para petani. Dijelaskan Bupati Soekirman bahwa PT Bina Pertiwi telah melakukan suvey dan merupakan hal yang tepat karena mendirikannya di tengah area pertanian.Oleh karenanya Pemkab Sergai  menyambut baik dan mendukung adanya perusahaan ini dan memilih lokasi branch office di Sumut. Semoga para petani semakin cerdas dalam menggunakan alsintan, katanya.

Diinformasikan kembali oleh Bupati kebutuhan akan bahan bakar untuk alsintan 3,7 liter pertahun, jadi tidak menggunakan tenaga hewan maupun manusia secara manual. Pertamina selaku pemasok bahan bakar saat ini belum menyediakan SPBU khusus bagi para petani, akibatnya para petani sering merasa kebingungan dalam membeli bbm saat terjadi kelangkaan. ” Hal ini dirasa kurang adil karena, permasalahan ini pemkab Sergai telah menyurati Presiden untuk persoalan kelangkaan bbm tersebut, namun yang telah diwujudkan masih SPBU untuk nelayan saja,” tukas Bupati.

Bupati mengajak perusahaan besar seperti Kubota dan Bina Pertiwi secara bersama menyuarakan agar nasib petani dan nelayan diperhatikan khususnya dalam hal penyediaan bbm untuk penggunaan alsintan. Kemudian terkait adanya sungai di Sergai, dahulunya orang-orang menyebrang dengan getek yang diikat tali. Dengan adanya kemajuan jaman dibangun jembatan, maka orng tidak perlu lagi mengeluarkan biaya melintasi sungai. Dengan adanya kemajuan teknologi dapat mempermudah pekerjaan seseorang.

Terkait dengan keberlanjutan pertanian, adanya alsintan dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan para petani disawah. Produksi pertanian di Sergai mampu menyumbang PDRB untuk Sumut yang paling utama beras sebesar 40%. Masuknya alsintan hari ini harus dibarengi dengan adanya penasihat teknis agar umur teknologinya bisa terukur, dengan demikian harus didukung oleh tenaga2 ahli, kemudian agar  didaftarkan menjadi penyuluh swasta di Kabupatem Sergai sehingga SDM petani Sergai semakin bagus. ” Sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan saya memberi apresiasi atas diresmikannya kantor perwakilan Bina Pertiwi ini, semoga akan menjadi partner yang dapat memajukan produksi pertanian di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” pungkas Bupati mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama Presiden Direktur PT Bina Pertiwi Rusli Surya menyampaikan sebagai anak perusahaan PT United Tractors (Astra Internasional Group) telah memiliki 4 pilar bisnis utama yaitu Agriculture, Material Handling, Power &Energi dan Construction Machinary. Khusus pada sektor pertanian budi daya padi memberikan solusi terbaik dengan berbagai produk unggulan Kubota. Kemudian kami perkenalkan alat-alat pertanian ini pada tahun 2011 melaui serangkaian demo unit dan training guna menunjukkan betapa besar manfaat mekanisasi dibandingkan dengan cara manual atau tradisional. Seiring perkembangannya pada tahun 2017 membangun perwakilan di Sergai untuk mensuport kebutuhan pertanian.

Kami ucapan terimakasih kepada Bupati Sergai beserta jajaran serta unsur Forkopimda maupun stakeholder terkait yang telah memberikan dukungan sehingga berdirinya kantor perwakilan PT Bina Pertiwi disini. Alsintan tersebut merupakan produk yang canggih seperti Traktor diesel Kubota L4018 yang dilengkapi dengan bajak rotary KRX 175, Traktor diesel Kubota L5018 yang mempunyai kekuatan dan keunggulan yang dibutuhkan untuk bekerja pada lahan sawah dan lahan kering dan Kubota combine harvester DC-70 Plus. Dengan diresmikannya kantor perwakilan ini kami berkomitmen untuk mendedikasikan dampak positif dari operasinya diseluruh negeri bagi pembangunan berkelanjutan utamanya bagi perekonomian di Sergai, pungkasnya.

Sementara itu Mr Hisakazu Kitanobo Presiden Direktur Kubota Indonesia mengucapkan terima kakasih kepda undangan yang telah hadir, saya selaku presdir yang baru dan telah bekerja di Indonesi sejak bulan agustus lalu. PT Bina Pertiwi dan Kubota bekerja sama sejak tahun 1970. Pada awalnya sasaran pasar utamanya adalah perkebunan kelapa sawit. Saat ini kami terus bekerja keras untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan lewat alsintan tersebut. Kubota didirikan tahun 2012 di indonesia dengan sasaran alsintan untuk lahan kering dan basah. saya ingin memberikan kontribusi petani dan masyarakat agar lebih berbahagia dalam meningkatkan pertaniannya. Saya percaya bahwa cabang baru di Sergai dapat meningkatkan pertanian di Sumut. Mari sama-sama bekerja untuk pertanian indonesia, ujarnya. MC Sergai/vivi

660 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *