Kolaborasi Musik Daerah Meriahkan Pertunjukan Seni Budaya Sergai-Kampar

KOLABORASI SENI : Tim Kesenian dan Budaya Kabupaten Sergai berkolaborasi bersama Tim Kesenian Kampar dalam lagu bertajuk “Biring Manggis” pada Kunjungan bertajuk Revitalisasi Budaya Lokal ke Kabupaten Kampar Propinsi Riau yang dilaksanakan oleh Tim Kesenian dan Budaya Budayawan asal KabupatenSergai bertempat di di Balai Bupati Kabupaten Kampar, Kecamatan Bangkinang Kota, Selasa (10/4). MCSerdangbedagai/Indan.

Kampar, MCSerdangbedagai.com

Kunjungan bertajuk Revitalisasi Budaya Lokal ke Kabupaten Kampar Propinsi Riau yang dilaksanakan oleh Tim Kesenian dan Budaya Budayawan asal Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), cukup meriah dengan digelarnya pertunjukan seni budaya dari kedua daerah bertempat di Balai Bupati Kabupaten Kampar, Kecamatan Bangkinang Kota, Selasa (10/4).

Diawali penampilan Tari Pasombahan, dilanjutkan dengan kesenian khas Kampar Calempong Ogoung dan Komposisi serta Pencak Silat dirangkai pementasan Tari Serampang Duabelas asli Sergai, Tari Zapin Sitipayung, Tatak Mannabi Page, Tagale, Gondang Simalungun dan Wayang Orang dari Tim Kesenian dan Budayawan Sergai.

Pada acara tersebut tampak Tim Kesenian dan Budayawan yang dipimpin Bupati Sergai H. Soekirman didampingi Kadis Poraparbud Santun Banjarnahor dan Kadis Pendidikan Joni Walker Manik. Sedangkan dari tuan rumah sendiri hadir Plt. Sekda Kampar Nurahmi beserta jajaran serta ninik mamak (pemangku adat) serta pelaku seni budaya Kabupaten Kampar hanyut dalam apiknya kolaborasi musik daerah Calempong Ogoung dipadukan Lagu Biring Manggis.

Saking serasi dan selarasnya paduan musik dan lagu dari kedua daerah membuat Bupati Soekirman dan Plt Sekda Kampar serta para penonton yang hadir larut bernyanyi dan berjoget bersama hingga akhir lagu.

Usai acara, Bupati Sergai H. Soekirman dan Plt Sekda Kampar Nurahmi kompak mengatakan bahwa kedekatan historis budaya melayu kedua daerah menjadi penyatu dan mempererat persaudaraan Sergai dan Kampar. “Hal ini akan terus dijaga dalam keselarasan dan silaturahmi adat dan budaya kedua daerah” ujar Soekirman.

Pemerintah Kabupaten Sergai melalui Tim Revitalisasi Budaya Lokal Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kampar Provinsi Riau kunjungan ini bertujuan menggali dan melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Melayu.

Selain itu, kegiatan seni dan budaya yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Kabupaten yang beribukota Bangkinang ini mengingat kedekatan budaya antara Melayu Riau dengan Melayu di Sergai. Selain itu kegiatan ini merupakan kunjungan balasan atas kunjungan para pelaku budaya dan legislatif Kabupaten Kampar Provinsi Riau pada 2015 dan 2016 yang lalu. (MCSerdangbedagai/Indan)

469 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *