Bupati dan Wabup Hadiri Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H/2017 M Keluarga Besar Diknas Sergai

Dolok Masihul, MCSergai.com

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) bersama Wakil Bupati (Wabup) Darma Wijaya menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H/2017 M yang dilaksanakan Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai pada Kamis (18/5), bertempat di SMPN 1 Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Ketua DW Dinas Pendidikan Ny. Ningsih Joni Walker, Kepala BNN Sergai Adlin Tambunan, Camat Dolok Masihul M. Syarif Sitopu, Muspika, Muballigh Mukhlis Almarwadzi, S.PdI, Kepala UPT, Pengawas, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, pendidik dan tenaga kependidikan dan para para siswa.

Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM dalam sambutan dan laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya yang telah memberikan perhatian sangat besar kepada dunia pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada acara yang bertema “Dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Dalam Rangka Menciptakan Insan Pendidik yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan” ini, disampaikan 2 tujuan kegiatan yakni yang pertama adalah untuk memperteguh keimanan umat Islam keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai. Sedangkan yang kedua menanamkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan insan keluarga besar Dinas Pendidikan yang kesemuanya itu menjadi satu tujuan meningkatkan iman dan ketaqwaan menuju pendidikan Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dalam menyongsong dan mempersiapkan sumber daya manusia Sergai dimasa yang akan datang, ujar Kadis Pendidikan.

Lebih lanjut disampaikan Joni Walker bahwa Dinas Pendidikan Sergai terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan yang salah satunya melalui Gerakan GCL (Green, Clean and Life) yang artinya gerakan hijau, bersih dan kehidupan yang nyaman dan menyejukkan disekolah-sekolah. Gerakan GCL ini dimulai di SD 106224 Kerapu Kecamatan Dolok Masihul. Selain itu ada kegiatan Xpansi (Expedisi Pendidikan dan Inovasi) dengan sepeda motor trail kembali akan dilaksanakan pada bulan ini. Kegiatan Xpansi atau yang bernama awal Tour of Education and Development Sergai ini mengunjungi daerah-daerah terpencil di Sergai untuk melihat langsung kondisi infrastruktur dan mutu pendidikan di pelosok Sergai.

Kemudian Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW hari ini seyogyanya dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan nilai-nilai agama dalam memacu semangat pendidikan dan karakter bangsa menuju masyarakat Sergai yang Unggul secara pribadi dan dapat bertanggung jawab secara akhlak dan nilai agama.

Dengan semangat kenabian hari ini mari kita tingkatkan Indeks Prestasi Masyarakat (IPM) yang ukurannya adalah pendidikan dan cara orang tua dan guru mendidik anaknya. Guru memang bukanlah orang yang hebat, akan tetapi tidak ada orang hebat yang tidak ditangani oleh Guru, ujar Bupati.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengharapkan kepada seluruh ekosistem pendidikan untuk terus melakukan inovasi dan kreasi dalam proses peningkatan pendidikan dan kebudayaan dan selalu memberikan contoh yang baik dilingkungan sekolah dan masyarakat guna mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan, pungkas Soekirman.

Senada dengan Bupati Soekirman, Wabup Darma Wijaya mengajak melalui momen peringatan Isra’ Mi’raj ini untuk meneladani sifat Rasulullah yakni salah satunya wirausaha. Rasulullah SAW adalah enterpreneur sejati dengan ketekunan dan kejujurannya sehingga dijuluki Al Amin atau yang dipercaya. Wabup meminta kepada para orang tua agar mendidik anak-anak sebagai generasi penerus untuk menjadi enterpreneur atau wirausaha. Hal ini dirasa sangat penting dan bermasa depan cerah untuk masa depan karena sebagai seorang wirausaha yang menghasilkan rezeki untuk penghidupan yang lebih baik dan nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ujar Wabup Darma Wijaya.

Menutup acara, Al Ustadz Mukhlis Almarwadzi, S.PdI dalam siraman rohaninya menyampaikan tausiyah tentang sholat dan maknanya. Adalah hal yang menakjubkan tentang sholat seperti halnya perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT. Sholat dapat menghindarkan dari perbuatan keji dan munkar seperti penyakit AIDS (angkuh, iri, dengki dan serakah). (ind)

161 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *