Pemkab Sergai dan BPJS Kesehatan Gelar Gebyar Prolanis

Pantai Cermin, MCSerdangbedagai.com
Dalam Undang-Undang Dasar 1945 menjelaskan bahwa mendapatkan pelayanan kesehatan adalah hak seluruh warga negara diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Ind not onesia (NKRI).
Guna memberikan hak pelayanan kesehatan tersebut maka digelar acara bertajuk “Gebyar Prolanis” bertempat di aula Objek Wisata Pantai
Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Sabtu (20/5).
Acara yang bertema “Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat” ini merupakan kerjasama BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, Dinas Kesehatan Sergai dan Persadia Kabupaten Deli Serdang.
Turut hadir pada acara tersebut Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam dr. Pindo Bagus Dermawan, M.M.Kes, AAK, Ketua Persadia (Persatuan Diabetes Indonesia) Deli Serdang Khalil, SE, dan seribuan peserta kegiatan.
Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Lubuk Pakam dr. Pindo Bagus Dermawan, M.M.Kes, AAK dalam sambutannya mengatakan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional ini adalah untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.
Salah satu manfaat yang diperoleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yaitu manfaat pelayanan promotif preventif. Dan salah satu dari sekian pelayanan promotif preventif yang diselenggarakan BPJS kesehatan yaitu Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS). Yaitu suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis (DM & Hipertensi) untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.
PROLANIS ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal utamanya terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.
Lebih lanjut dikatakan PROLANIS ini sudah dilaksanakan oleh hampir seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, termasuk Puskesmas. Bahkan sudah menjadi salah satu indikator penilaian kinerja Fasilitas Kesehatan Tk Pertama yang akan dimonitor setiap waktu oleh BPJS Kesehatan, pungkas Pindo.
Sementara itu Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Prolanis ini.
Dikatakan Bulan bawa saat ini dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaannya serta sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui perwujudan peningkatan aktifitas fisik bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan melaksanakan GEBYAR PROLANIS secara serentak di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia pada hari ini Sabtu tgl 20 Mei 2017 dengan serangkaian kegiatan yang terdiri dari Senam Prolanis massal, Edukasi kesehatan, Pemeriksaan kesehatan dan Lomba senam prolanis antar klub, tukas Kadis Kesehatan. (MCSergai/Indan)

354 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *