Bupati Soekirman Apresiasi Terbentuknya Bawaslu Sergai

Sei Rampah, Sejak dilantik pada 15 Agustus 2018 lalu di Jakarta oleh Ketua Bawaslu RI, Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten Serdang Bedagai (Bawaslu Sergai) secara resmi terbentuk. Sebelumnya  masih berstatus ad hoc kita telah berubah menjadi definitif. Demikian disampaikan Agusli Matondang selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Sergai saat beraudensi di Kantor Bupati dan terima oleh Bupati Ir H Sokeirman yang didampingi Staf Ahli Bupati Drs. Ramadhan Purba bertempat di ruang rapat Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin, (27/8).

Turut hadir dalam audensi  Kaban Kesbangpol Drs. Purba Siregar, Kasatpol PP Drs. Fajar Simbolon, MSi, Kabag Pemerintahan Muhammad Wahyudi, Kabid Penegakan Perda Farhan Zamzamy, SH serta para Komisioner Bawaslu Syamsul Bahri, Ewin Syahputera Saragih, El Suhaimi dan Apner Sinaga. Lebih lanjut disampaikan Agusli bahwa terkait dengan status Bawaslu yang sudah defenitif di Sergai diharapkan mampu untuk bekerjasama dengan Pemkab Sergai dalam hal pengawasan kampanye serta penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada penyelenggaraan Pileg dan Pilpres di tahun 2019 mendatang.

Selain itu juga Bawaslu akan merekrut Kepala Sekretariat dan 4 (empat) orang ASN untuk membantu kinerja Bawaslu Sergai. Sedangkan jika masih ditemukan APK yang masih dipakai misalnya seperti tenda becak maupun mobil yang telah dibranding oleh parpol, dalam hal ini Bawaslu telah melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk menertibkannya, karena hal itu bukan kewenangan dari Bawaslu, kata Agusli Matondang.

Sementara itu Kasat Pol PP Sergai Drs. Fajar Simbolon, M.Si mengatakan bahwa saat ini perlindungan masyarakat (linmas) menjadi tanggung jawab Satpol PP. Oleh karena itu, menjelang Pileg dan Pilpres nantinya akan memberdayakan Siskamling. PKK di setiap kecamatan  dan Satpol PP akan bekerjasama menertibkan berbagai APK yang ada di desa-desa. Selanjutnya terkait Linmas akan digelar sosialisasi untuk para Kades dan Kadus dengan tujuan menjaga ketertiban, persatuan dan kesatuan.

Sama halnya dengan Kaban Kesbangpol Drs. Purba Siregar mengemukakan bahwa dalam menghadapi pesta demokrasi Pileg dan Pilpres mendatang, apa saja yang menjadi kebutuhan dalam hajatan tersebut, Kesbangpol siap menjembataninya. Kedepan akan digelar acara sosialisasi di 17 kecamatan hingga ke Kabupaten Sergai dalam hal pengawasan pemilu, tukasnya. Menanggapi hal tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman memberikan apresiasi atas terbentuknya Bawaslu Sergai. Bagi personil yang nantinya akan direkrut di Bawaslu hendaknya benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta didata dengan rapi.

“ Mohon dirapikan data seperti data personil PPK dan pengawas TPS, terutama para Komisioner agar lebih mempunyai integritas cantumkanlah Curriculum Vitae (CV),” ujarnya. Sehubungan dengan adanya bantuan anggaran yang diajukan Bawaslu kepada Pemkab Sergai, Bupati Soekirman mengutarakan bahwa hal tersebut tidak dapat diputuskan secara sendiri, akan tetapi harus melihat kemampuan keuangan daerah. Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu yang sebelumnya adalah Panwaslu atas kerja kerasnya dalam melakukan pengawasan terhadap proses pemilu sehingga tercipta pemilihan yang aman dan damai, pungkasnya. MC Sergai/vivi

381 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *