Bupati Sergai Ir H Soekirman : Harganas Momentum Untuk Evaluasi Keluarga Secara Mandiri

Pantai Cermin, Makna Hari Keluarga Nasional (Harganas) adalah sebuah momentum untuk mengevaluasi apakah selama ini keluarga kita sudah dapat menjalankan fungsi-fungsi keluarga secara mandiri. Sedangkan dalam lingkup keluarga kecil mempunyai peran penting seperti contoh prestasi yang diraih oleh atlet-atlet Asian Games, keberhasilan yang diraih merupakan dukungan kuat dan peran serta dari keluarga.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman saat menjadi Narasumber Talkshow dalam rangka peringatan Harganas XXV Tahun 2018 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (18/9).

Bersama dengan narasumber lainnya seperti Kepala BKKBN Provsu Drs. Temazaro Zega, M.Kes dan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Teleumbanua, M.Kes, Bupati Soekirman menyampaikan bahwa untuk mendukung tercapainya program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang pertama adalah Kelembagaan. SDM pendukung program KKBPK seperti dokter umum yang berjumlah 47 orang, yang sudah dilatih Intra Uterin device (IUD) dan Implant sebanyak 16 orang. Kemudian Bidan sebanyak 597 orang yang sudah dilatih IUD dan Implant sebanyak 81 orang serta dokter spesialis Obgyn sebanyak 2 orang.

Lebih lanjut dikatakan Bupati bahwa KKBPK  mempunyai program kerja diantaranya pelayanan KB, program pembinaan peran serta masyarakat dan PPKBD, pembinaan ketahanan keluarga melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Selanjutnya Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan peningkatan kelembagaan KB/KR Mandiri, dan Kampung KB.

Bupati Soekirman menyampaikan harapannya terkait program KKBPK yaitu berperan aktif dalam pengendalian penduduk, meningkatkan program Genre, meningkatkan capaian KB, peningkatan pelayanan keluarga sejahtera dan peningkatan terbina BKB, BKR dan BKL, pungkasnya. MCSergai/Ind.

279 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *