Bupati Soekirman Buka Lomba Masak Ikan dan Gelar Dagang Dalam Rangka HARGSNAS XXV Tingkat Provsu Tahun 2018

Pantai Cermin, Saat ini kita sedang menggalakkan masak ikan, Idonesia masih jauh tertinggal  dari negara Jepang terkait tentang konsumsi ikannya. Orang-orang dahulu makan bersama dengan keluarga yang menunjukkan sebuah keakraban dan kebersamaan. Bukan makannya yang utama namun yang  terpenting kebersamaan dalam keluarganya. Sebuah keluarga sebagai tatanan kelembagaan terkecil menjadi kekuatan dari yang terkecil hingga terbesar di suatu daerah.

Demikian sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara Lomba Masak Ikan dan Gelar Dagang dalam rangka HARGANAS XXV tahun 2018 bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin.

Terkait dengan Kabupaten Sergai lanjut Bupati, bahwa banyak terdapat jenis-jenis ikan. Untuk meningkatkan suatu daerah  lewat pariwisatanya maka harus dikelola marketing riset seperti transportasi  akomodasi dan konsumsi . ” Hari ini diadakan lomba masak ikan dan gelar dagang, namun saya berharap untuk label halalan toyiban bukan masalah SARA akan tetapi untuk peningkatan penjualannya,” katanya.

Bupati soekirman menyambut baik supaya menggairahkan terutama produksi ikan di sergai. Bagi yang menang dalam lomba masak agar dipromosikan untuk menjadi menu khusus di lokasi pariwisata dan hotel sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas. Ucapan terimskasih kepada jajaran BKKBN dan Dinas Pengendalian penduduk Provinsi serta Tamu undangan dari daerah lain sehingga dapat bertukar ilmu dan pengetahuan. Sumut sangat kaya dengan menu makanan, oldh karenanya dengan kegiatan yang sederhana i i kita harapkan dapat menghasilkan yang luar biasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GPPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Kepala BKKBN provsu Drs. Temazaro Zega M.Kes, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Teleumbanua, M.Kes, Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, M.Si, Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, Rombongan TP PKK Provsu, Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih, MM, Ketua TP PKK kecamatan dan Kader PKK, penyuluh KB, Genre serta undangan lainnya.

Sebelumnya laporan panitia Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, M.Si yang menge ukakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan ,keanekaragaman masakan berbahan ikan dan inovasi dalam olahan ikan, olahan masak berbahan baku ikan. Selanjutnya meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri, melakukan promosi ikan dalam negeri serta menjalin kerjasama antar pedagang se Provsu.

Kegiatan ysng bertemsksn ” Ragam menu masakan ikan untuk kesehatan masyarakat dalam menxukung Sergai yang Unggul Inovatif dan Berkelanjutan ” mempunyai sasaran agar terciptanya  masakan berbasis ikan, mengedukasi serta mendorong tumbuh kembangnya anak melalui masakan ikan .Untuk kegiatan Gelar Dagang terditri dari 26 stand UKM se Sumut, lombak masak ikan sebanyak  17 peserta dari TP PKK kecamatan se sergai. Kepada pemenang pada lomba masak ikan ini akan diikut sertakan pada tingkat provinsi mendatang.  Adapun menu yang diperlombakan menu untuk keluarga, menu kudapan dan menu untuk balita.

Sementara itu sambutan Ketua TP PKK Provinsi  Ny Nawa Lubis Ramayadi yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman mengutarakan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama BKKBN dan dukungan penuh dari stakeholder terkait serta masyarakat sergai. Selain itu juga kegiatan ini sangat positif karena untuk menggalakkan gerakan masak ikan dan membudayakannya di kalangan masyarakat. Seperti kita ketahui bahwa profesi masyarakat Sergai sebagisn sebagsi nelayan mencari ikan.  Oleh karenanya Ikan sebagai sumber protein terbesar yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak hendaknya dapat dikonsumsi bagi seluruh lapisan masyarakat luas.

Tahun ini Kabupaten Sergai dipercayakan untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan yang diadakan antara lain pameran dan gelar dagang dari kelompok UPPKS se sumut, Pelayanan KB gratis, penyerahan lomba kepada pemenang serta berbagai penampilan dari putera-puteri Sergai. Pada peringatan Harganas XXV tingkat Provsu tahun 2018 merupakan suatu kegiatan komprehensip terpadu bersama- sama membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Dalamkesempatan ysng sama Kepala BKKBN Drs. Temazaro Zega, M.Kes mengungkapkan setiap daerah wajib melaksanakan kegiatan Harganas setiap tahun. Untuk Provsu peringatan Harganas dipusatkan di Kabupaten Sergai. Kegiatan ini dilakukan di kabupaten/kota yang program kegiatan terkait sudah maju meraih prestasi di bidang keluarga berencana.

Sedangkan dalam kegiatan gelar dagang seluruh peserta se sumut dapat berpartisipasi disini.  Perayaan Harganas ini yang paling penting adalah bagaimana kegiatan ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Adanya stunting  dibeberapa daerah seperti Langkat, Padang Lawas, Nias Utara dan Gunung Sitoli. Hal ini tentu akan menjadi  prioritas dalam penanganannya. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar lebih banyak mengkonsumsi ikan sehingga akan dapat meningkatkan gizi bagi anak-anak, tukasnya. Diakhir acara diumumkan kepada para pemenang lomba masak yaitu juara 1 diraih oleh Kecamatan Teluk Mengkudu, juara 2 oleh Kecamatan Perbaungsn dan juara 3 diraih Kecamatan Do,lom Merawan. Kegiatan dilanjutkan dengan  meninjau lomba menu masakan serta peresmian gelar dagang Sergai. Mc Sergai/vivi

227 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *