Amir Sodikin : Berita Online Harus Singkat dan Mengandung Unsur kalimat Yang Mudah Dimengerti

Pekan Baru, Pada hari kedua, Selasa (5/3) pagi di The Premiere Hotel Pekan Baru Provinsi Pekan baru, session kedua kegiatan Bimtek Pengelolaan Media Center Daerah dilanjutkan dengan paparan materi “ Penulisan Berita Online di tengah Serbuah Hoaks” yang disampaikan oleh Amir Sodikin dari Redaktur Kompas.com. Dijelaskan oleh Amir bahwa dalam penulisan berita online harus singkat dan mengandung unsur kalimat yang mudah untuk dimenegrti. Kemudian informatif paragraf pendek serta tidak membutuhkan anak kalimat.

“ Hal yang paling penting adalah berita tidak beropini, tidak lebay, tidak berbunga-bunga serta seo friendly dan kalimat berita berita online haruslah dibuat pendek dan sederhana, pilihlah kata yang lazim tidak menggunakan kata yang tidak perlu serta menggunakan kata kerja aktif ,” katanya.

Mengenai paragraf untuk media online harus menggunakan kalimat singkat, direct lead dan to the point. Oleh karenanya, Amir Sodikin memberikan tips terkait penulisan berita online yaitu menulislah seperti berkisah kepada kawan, media sosial dan mesin pencari untuk riset awal, media sosial untuk memperkaya wawasan dan ide-ide menarik, mengeksplorasi data  yang terakhir sertakan visual thinking pada foto maupun video, jelasnya.

Usai menyampaikan paparannya, dilakukan diskusi panel tanya jawab dari para peserta kepada narasumber.  Beberapa peserta bimtek mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang dipaparkan. Saat menjawab pertanyaan peserta, Daru Priyambodo menyampaikan bahwa Media Center Daerah harus punya pengaruh kuat untuk pemberitaan kepala daerah. Meskipun media “plat merah” yang bersaing dengan media swasta ternama, akan tetapi  yang harus diperhatikan adalah “ kliring house information “ yaitu  memberi informasi yang menjernihkan pada masyarakat, urainya.

Sementara Amir Sodikin menjelaskan bahwa unuk menangkis berita hoaks tentu diperlukan trik jitu agar masyarakat tidak terpancing dengan informasi tersebut yaitu dengan memberikan informasi yang sebenar-sebenarnya tanpa dilandasi dengan opini, ungkap Amir. MC Sergai/vivi

378 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *