Foto Adalah Informasi

Pekan Baru,Melengkapi materi yang disampaikan oleh dua narasumber sebelumnya, disampaikan juga materi Dokumentasi Menarik, Untuk Konsumsi Publik yang disampaikan oleh Aprianto Silalahi dimoderatori oleh Agus F Budiman bertempat di The Premiere Hotel Pekan Baru Provinsi Riau, Selasa (5/3).

Saat memaparkan materinya Afrianto Silalahi mengutarakan bahwa foto adalah informasi, dan foto juga merupakan dokumentasi adalah semua foto yang merekam fakta dan menjadi bagian sejarah sehingga pada akhirnya semua foto akan menjadi dokumen. Sedangkan kegunaan foto dokumentasi juga sangat bervariasi, ada yang hanya sebagai pengingat untuk kenangan, ataupun bahkan sebagai foto resmi maupun sarana publikasi.

Diingatkan oleh Aprianto, sebelum melakukan sesi foto maka terlebih dahulu persiapka alat-alat seperti kamera dan lensa, memory external dan speedlite atau flash eksternal. Tibalah lebih awal untuk mengambil foto suasana disaat ruangan masih kosong agar dapat menguasai lokasi acara dengan lebih mudah termasuk mempelajari pencahayaan ruangan. “ Hal yang terpenting adalah perkaya frame, angel foto yang akan diambil serta penguasaan kamera. Dan satu lagi pelajari rundown/ susunan acara dan jelajahi titik-titik lokasi yang strategis untuk mendapatkan sudut foto terbaik atau memotret pada lokasi yang sudah ditentukan,” katanya.

Diakhir pemaparan, juga dilakukan sesi tanya jawab. Beberapa peserta bimtek menyampaikan pertanyaan terkait pemotretan dilapangan kepada narasumber. Mc/Sergai/Nrl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *