SP4N-LAPOR! Berikan Ruang yang Lebih Baik Dalam Menyampaiakan Keluhan dan Aspirasi

Bupati Sergai Ir H Soekirman 

Medan,Dalam rangka menyatukan visi menjadi pelayan masyarakat sekaligus memberikan pelayanan terbaik dan prima, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman bersama dengan Bupati/Walikota se-Sumatera Utara (Sumut) melakukan Penandatanganan Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pemenuhan Standar Pelayanan Publik dan Penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ( SP4N-LAPOR!) bertempat di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Selasa (26/3).

 SP4N-LAPOR! merupakan aplikasi yang dikelola oleh 3 (tiga) lembaga yaitu Kementrian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kantor Staf Presiden (KSP) dan Ombudsman RI.

Penandatanganan SP4N-LAPOR! ini disaksikan Wagubsu H Musa Rajeckshah, Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, Tenaga Ahli KSP Fanni Irsanti, Koordinator USAID CEGAH Ahsanul Minan, Direktur Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut Rulita Ningrum, Inspektur Provsu Arsyad Lubis, serta para undangan.

Usai melakukan penandatanganan tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman sangat mengapresiasi karena untuk meningkatkan pelayanan publik serta mewujudkan pemerintahan yang transparan sekaligus mempermudah masyarakat mengadu sebagai bentuk pengawasan bagi pemerintah.

Sedangkan penerapan aplikasi ini nantinya akan memberikan ruang yang lebih baik kepada masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan maupun aspirasinya. Laporan nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak terkait serta terintegrasi secara nasional khususnya pada Kantor Presiden, terangnya.

Kabupaten Sergai sudah menerapkan satu aplikasi yang juga berbasis pengaduan masyarakat bernama Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA) yang dikelola oleh Kemendagri. Aplikasi ini bisa diakses melalui ponsel pintar. Program ini juga merupakan sarana bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan terkait dengan jalannya roda pemerintahan baik di pusat maupun daerah, jelasnya.

Oleh karena itu, dengan adanya SP4N-LAPOR! ini akan lebih mempermudah masyarakat alam menyampaikan aspirasinya secara digital demi terwujudnya pemerintahan yang tranparan.“ Hal ini akan menjamin hak masyarakat sehingga pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan tersalurkan kepada penyelenggaraan pelayanan publik yang berwenang menanganinya,” pungkas Bupati.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H Musa Rajeckshah  menyampaikan bahwa melalui Penandatanganan Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pemenuhan Standar Pelayanan Publik dan Penerapan SP4N-LAPOR! hari ini, kita semua setuju dan sepakat bahwa kita ingin melayani masyarakat dengan cepat dan terintegrasi, dan program ini menjadi hal yang sangat kami apresiasi.

“ Kami yakin kita semua bahwa kita luruskan niat berbuat yang terbaik bagi daerah dan negara kita dengan amanah,” ujarnya.

Untuk itu Wagub menekankan betapa pentingnya sinergi dan rasa kekeluargaan baik di pemerintahan sampai ke bagian paling bawah agar bersama menyatukan visi menjadi pelayan masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik yang dapat kita lakukan.

Melalui kegiatan hari ini, Wagub berharap nantinya kita dapat menerapkan aplikasi ini dengan maksimal dan terintegrasi, tidak dilaksanakan sendiri-sendiri dan harus menjadi terpusat sehingga tidak terjadi kontradiksi didalam penerapannya.

“ Jangan jadikan hal-hal seperti ini hanya menjadi seremoni saja, tapi harus dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat sehingga masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan keluhan dengan baik dan direspon secara lebih khusus baik pula,” pesannya.

Sedangkan Koordinator USAID CEGAH Ahsanul Minan menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif kantor Perwakilan Ombudsman, FITRA dan pihak terkait lainnya atas terselenggaranya acara ini.

SP4N-LAPOR! adalah salah satu kebijakan nasional dimana Pemerintah ingin menunjukkan kehadirannya dihadapan masyarakat guna menjamin pemenuhan hak-hak publik agar dilaksanakan oleh seluruh instansi pemerintah.

Untuk menangkap aspirasi masyarakat, sistem ini akan sangat membantu masyarakat menyampaikan aspirasi dan akan di optimalkan guna menangkap dan merespon aspirasi masyarakat yang disampaikan tersebut yang nantinya aspirasi tersebut akan diinput guna menentukan kebijakan-kebijakan daerah dan negara guna kemaslahatan masyarakat, ujar Ahsanul.

Oleh karenanya Ahsanul berharap semua pihak terutama Pemerintah Daerah dapat mengoptimalkan penggunaan SP4N-LAPOR! ini agar dapat memberikan pelayanan publik paripurna yang didalamnya terdapat aspek ibadah yang akan bermanfaat bagi individu kita sendiri khususnya dan untuk bangsa pada umumnya, tukasnya.Mc/Sergai/Nurul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *