Pemkab Sergai Susun Program yang Berorientasi pada Anak

Dukung Hak dan Kebutuhan Anak,

Sei Rampah, Setelah 4 (empat) tahun berturut-turut Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berhasil meraih Penghargaan Kabupaten  Layak Anak (KLA) tingkat pratama, kini Pemkab Sergai berupaya meningkatkan ke predikat Madya. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Ir Hj Prihatina, M.Si saat membuka Rapat terkait Pengisian Form Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak di Kabupaten Sergai Tahun 2019 di Aula Kantor Bappeda Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis, (28/3).

Lebih lanjut dikemukakan Kepala Bappeda Sergai bahwa tujuan rapat ini untuk mengevaluasi sejauh mana upaya kita dalam mendukung keberhasilan Pemkab Sergai. Bukan sekedar berorientasi pada hasil (penghargaan) tapi lebih pada pemahaman kita tentang KLA dan sudah sejauh mana  Pemkab Sergai dalam merespon kebutuhan-kebutuhan anak. Hj Prihatina menambahkan, seperti diketahui Sergai memiliki banyak potensi untuk mendukung KLA dan sebagai langkah awal kita harus bisa mengidentifikasi kebutuhan anak khususnya yang berorientasi pada orang tua dan anak.

“ Harapan kami tiap OPD harus mampu menyusun program yang berorientasi pada gender dan anak, tukas Hj Prihatina.

Sementara Kaban Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Irwan Jamilah, SH, M.Si menyampaikan keberhasilan Sergai meraih penghargaan  KLA selama ini bukan hanya hasil kerja pimpinan ataupun satu OPD saja tetapi juga buah kerja keras dan kerjasama kita semua. Untuk mengidentifikasi program dan kegiatan di masing-masing OPD yang sejalan/mendukung pemenuhan hak anak harus mengacu pada 5 klaster hak anak diantaranya, hak sipil, hak pengasuhan lingkungan keluarga/alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, jelas Hj Irwani Jamilah.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kabid. Pembangunan Sosial Budaya Bappeda Efendy, S.Pd, Kabid. Perlindungan Anak Melyati Meliala,  dari Lembaga Perlindungan Anak Tugimin, perwakilan dari masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Sergai. MC Sergai/vivi

251 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *