Jelang Pelaksanaan Pesta Demokrasi, Sergai Gelar Rapat Dengan Forkopimda

Sei Rampah, Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Legislatif, jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang melibatkan instansi vertikal di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (12/4).

Hadir dalam kegiatan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin SE MTr (Han), Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, SIK,  Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya dan  perwakilan Bawaslu Sergai, para Asisten, Staf Ahli Bupati serta para kepala OPD dan Muspika Kecamatan Sei Rampah.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman  mengemukakan bahwa Indonesia telah melakukan 11 kali Pemilihan Umum (Pemilu), Insya Allah kita tetap bersatu baik dan kondisi negara Indonesia tetap kondisif.

Dalam sejarah pemilihan umum sejak tahun 1955, sepuluh tahun Indonesia merdeka, pada tahun itu juga masih banyak terdapat pemberontakan yang berkecamuk namun hal itu tidak menyurutkan kesuksesan Pemilu. Dalam Pemilu tahun 1955 juga disebut sebagai Pemilu Indonesia paling demokratis.

Seiring berjalannya waktu lanjut Bupati, hingga tahun 2019 baru kali  ini Pemilu dilaksanakan dalam 5 jenis pemilihan. Kedepannya semua jenis Pemilu akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“ Kali ini akan kita deklarasikan semangat dalam mendukung terwujudnya pemilu damai, aman dan tertib yang merupakan bagian dalam kerangka membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi,” ujar Soekirman.

Soekirman menambahkan bahwa di era revolusi indistri 4.0 ini kita dipaksa untuk mengikuti perkembangan teknologi yang cukup pesat, jika tidak mengikuti perkembangan tersebut maka kita akan ketinggalan. Namun dengan perkembangan teknologi yang pesat tersebut juga semakin memudahkan orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian, katanya.

Diakhir sambutannya Soekirman menghimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya, karena itu akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta merusak dan meracuni ideologi bangsa Indonesia, pungkasnya.

Sementara itu Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya mengatakan  bahwa KPU akan memastikan pendistribusian logistik Pemilu tahun 2019 sampai tepat pada waktunya.

Ditambahkan Erdian, dalam 17 kecamatan, 243 desa terdapat 451.546 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan menggunakan hak pilihnya di 2.171 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu KPU Sergai  juga telah melakukan simulasi pemungutan suara yang dipusatkan di Kecamatan Teluk Mengkudu pada 10 April lalu.

Dalam simulasi pemungutan suara tersebut, diperkirakan satu orang pemilih membutuhkan waktu selama 3 menit dalam menggunakan hak pilihnya di TPS, tukas Erdian.Mc/Sergai/Nurul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *