Sergai Gelar Pelepasan PAUD dan Lomba Kreativitas Anak Sambut HAN Tahun 2019

Pantai Cermin, Menjelang berakhirnya Tahun Ajaran (TA) 2018/2019, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar kegiatan penyelesaian pembelajaran peserta didik dan Lomba Kreativitas Anak dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) di objek wisata Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (29/4). Saat ini kita sedang berada di pinggir laut merupakan alam terbuka yang sangat baik bagi perkembangan anak-anak kita. Di dalam alam anak anak akan menemukan hal-hal baik yang mungkin tidak akan mudah dilupakannya, kata Bupati Soekirman saat membuka kegiatan tersebut.

Dikatakan Bupati, selain senagai media pengembangan dan pendidikan anak, alam juga sebagai media penangkal perkembangan anak kearah yang negatif. Seperti halnya saat ini perkembangan teknologi cukup pesat yang membuat kita para penggunanya lebih mudah dalam mengakses sesuatu, namun jika tidak kita pantau dengan benar maka teknologi akan menjadi ancaman bagi anak -anak generasi penerus bangsa.

“ Dengan adanya  pendidikan yang dilakukan di alam, maka anak-anak akan melupakan kebiasaan yang kurang baik, seperti kebiasaan terlalu lama bermain smartphone, mengakses internet bukan pada usianya serta bermain game hingga lupa belajar,” katanya.

Untuk itu Bupati Soekirman menghimbau kepada pengurus TK dan PAUD diseluruh kecamatan agar membuat pendidikan atau acara yang dekat dengan alam seperti pantai, sungai, hutan dan tempat tempat yang mungkin akan membuat kenangan baik bagi peserta didik kita. Sementara itu Bunda PAUD Sergai Ny Hj Marliah Soekirman menyampaikan program PAUD  tidak hanya mendidik anak-anak melalui guru saja melainkan orang tuanya juga dibimbing dan dilatih bagaimana merangsang tumbuh kembang anak melalui kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) yang dipantau melalui Kartu Kembang Anak (KKA).

“ Pelayanan kesehatan pun juga diadakan untuk menjaga kesehatan anak melalui pelayanan di Posyandu sekali sebulan di setiap PAUD dengan beragam kegiatan kesehatan, dengan tujuan Kabupaten Sergai terhindar dari gizi buruk dan stunting,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Hj Rosmaida Darma Wijaya  mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan tali silaturahmi PAUD se-Sergai menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian, dalam mengasah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Selanjutnya menanamkan rasa cinta tanah air dan kompetisi secara baik dan sehat, membentuk karakter anak yang bermoral berakhlak mulia, kreatif, inovatif dan berbudaya serta memberikan motivasi kepada anak agar lebih berkreasi. Untuk lomba yang diadakan seperti lomba mewarnai putra dan putri, lomba menyanyi, lomba bercerita, ujar Hj Rosmaida.

Sedangkan Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik, MM guru PAUD dalam melaksanakan kegiatan pola ajarannya akan lebih menekankan pada prinsip pengembangan karakter siswa, disiplin, hidup sehat, saling menghargai dan menghormati teman serta menumbuh kembangkan kreatifitas anak. Memperluas akses PAUD yang berkualitas tinggi merupakan suatu investasi cerdas yang dapat kita laksanakan bersama. Hadir juga Ketua DWP Sergai Ny. Hj Khairani Hadi Winarno, Kepala Bank Sumut cabang Sei Rampah, para Camat serta ribuan peserta didik. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *