Pemkab Sergai Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-111 Tahun 2019

Sei Rampah, Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di halaman apel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (20/5/2019) pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Komandan Upacara Camat Tanjung Beringin M. Fahmi, S.STP. Turut serta dalam upacara Wabup Sergai H Darma Wijaya, Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Pejabat Administrator, Pengawas serta ratusan ASN di lingkungan Pemkab Sergai.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara yang dibacakan oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman mengemukakan bahwa dalam “ Sumpah Palapa” yang ditemukan pada kitab Pararaton tertulis “ Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, Sira Gajah : Lamun Huwus Kalah Nusantara Isun Amukti Palapa, Lamun Kalah Ring Gurun, Ring Seran, Tanjung Pura, Ring Haru, Ring Pahang, Dompo, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana isun amukti Palapa,” kata menteri.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tidak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita, kata Menkominfo.

Lebih lanjut Menkominfo Rudiantara menyampaikan bahwa telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Saat ini peringatan Harkitnas dilaksanakan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat Muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya di penghujung Ramadhan nanti kita bisa seperti Mahapatih Gajah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar kita.

Menkominfo menambahkan, dengan semua harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan Harkitnas disematkan tema “ Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“ Bangsa ini adalah bangsa yang besar yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam Dwilingga Salin Suara berikut “ Gotong Royong”. Meski kita gali dari kearifan nenek moyang kita yang telah dipupuk selama berabad-abad. Namun, sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai kapanpun semangat ini akan senantiasa relevan bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan,” pungkas Menkominfo. MC Sergai/vivi

258 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *