HBH dan Tampung Tawar Haji Keluarga Besar Kemenag Sergai

Soekirman Harap Masyarakat Budayakan Gerakan Lobang Sampah di Lingkungan Rumah Sendiri

 Pantai Cermin, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menyambut baik kegiatan yang digelar oleh jajaran Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sergai pada hari ini yaitu Halal Bihalal yang sudah menjadi tradisi dalam menjalin silaturahmi di masyarakat Indonesia.

Hal ini dikatakan Bupati Soekirman disela-sela kegiatan Halal Bihalal yang dirangkai dengan Tampung Tawar Haji Keluarga Besar Kemenag Sergai di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (12/6/2019).

Adapun maksud dilaksanakannya di Pantai Woong Rame ini hakikatnya merupakan terobosan yang baik sebab ada dua hal yang didapat bersamaan yaitu pertama sarana silaturahmi, sementara yang kedua adalah dapat menjadi sarana promosi objek wisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat yang nantinya dapat mendukung target 1 juta kunjungan wisata pada tahun 2019 ini target PAD dapat tercapai guna memakmurkan masyarakat, ujarnya.

Terkait dengan rangkaian acara tampung tawar haji, Bupati Sokeirman selaku Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) berharap silaturahmi tetap terjalin dan kebersamaan antara dhuyufurrahman dengan pendampingnya sehingga nantinya ibadah haji dapat kita laksanakan dengan lancar.

“ Semakin kompak kebersamaan dan kegotongroyongan kita maka esensinya akan tercapai yaitu kebersamaan mulai dari awal hingga selesainya tugas dan ibadah,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan bahwa Kabupaten Sergai dalam mengisi kegiatan keagamaan khususnya pada bulan Ramadhan hingga Idul Fitri mulai dari safari Ramadhan, takbiran dan sholat Idul Fitri. “ Alhamdulillah senantiasa dalam keadaan aman dan kondusif terkait juga suksesnya gelaran Pemilu yang lancar dan kondusif meski mungkin berbeda pilihan,” ungkapnya.

Bupati melihat bahwa tantangan kedepannya kehidupan umat beragama dan antar umat beragama satu sisi tidak terjadi perdebatan terbuka persoalan sensitif, namun disisi lain di masyarakat masih banyak hal yang menunjukkan orang-orang yang membawa gunting lebih banyak dari pada yang membawa jarum. Artinya masih banyak orang yang memecah belah ketimbang yang mempersatukan, walaupun itu masih seagama maupun yang antar agama.

Oleh karenanya, agar kiranya perbedaan yang disebut “rahmatan lil alamin” ini memang harus tetap kita jaga dan dukung dengan peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru agama sehingga nantinya dapat memberikan pendidikan agama dapat lebih menyejukkan dan dapat meminimalisir terjadinya konflik-konflik keagamaan, harapnya.

Terkait rencana pembangunan Masjid Agung Sergai, Bupati memohon masukan dan bimbingan dari Kemenag dalam hal pengelolaan serta memakmurkan masjid yang akan menjadi kebanggaan umat Islam di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Melalui media sosial saya melihat dan sangat tertarik terkait terkait manajemen masjid yang baik seperti halnya Masjid Jogokaryan di Jogja yang progresif dalam membina umat guna memakmurkan masyarakat dhuafa disekitar masjid tersebut. Dengan menggunakan manajemen orang kaya bahwa uang yang didapat agar segera disalurkan kepada orang yang membutuhkan sehingga mengurangi orang kurang mampu, katanya.

Menutup sambutannya Bupati menyampaikan agar masyarakat khususnya keluarga besar Kemenag untuk membudayakan Gerakan Lobang Sampah (GLS) dilingkungan rumah sendiri, agar lingkungan bersih dan mencerminkan kita sebagai umat islam yang menggambarkan kebersihan adalah sebagian dari iman, pungkas Soekirman.

Dalam kesempatan yang sama Kakan Kemenag Sergai Dr H Sarmadan Nur Siregar, M.Pd

mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Soekirman pada kegiatan menjalin silaturahmi keluarga besar Kemenag Sergai sekaligus dirangkai tampung tawar 10 (sepuluh) jamaah calon haji dari keluarga besar Kemenag Sergai pada hari ini.

Dapat disampaikan bahwa untuk musim haji tahun ini total jemaah calon haji asal Kabupaten Sergai berjumlah 190 jemaah, turut serta 1 orang TPHD yaitu Bupati Soekirman, serta 1 Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD). Direncanakan jamaah haji asal Sergai mulai diberangkatkan melalui Kloter 7 dari Bandar Kuala Namu pada awal bulan Juli tahun ini. Semoga dengan keikutsertaan Bupati Soekirman dalam rombongan haji tahun ini akan memberikan spirit dan kenyamanan lebih bagi seluruh jemaah calon haji asal Sergai dalam melaksanakan ibadah di tanah suci.

Serta melalui tampung tawar yang kami lakukan ini, terima sepercik air beserta doa dan bunga balai sebagai tanda besar hati kita dan kehormatan dari masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Kami sangat berbangga dengan keikut sertaan Bupati dalam rombongan jamaah calon haji Kabupaten Sergai tahun ini, semoga kita semua dalam ridho dan berkah dari Allah SWT, pungkasnya.

Melengkapi acara, Ustadz Dr H Amiruddin Siahaan, M.Pd dalam tausiyahnya menyampaikan hakikat Idul Fitri dan pentingnya silaturahmiuntuk memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah), persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah).

Kakan Kemenag Sergai Dr H Sarmadan Nur Siregar, M.Pd, Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Penceramah Ustadz Dr H Amiruddin Siahaan, M.Pd (Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sumut), Kepala BPS Herman, SE, M.Si, Kepala Pengadilan Agama (PA) Sergai Munir, SH, MH, Sekretaris DPRD H. Suprin, M.Pd, anggota DPRD Hj Sugiatik, Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih MM, Penyuluh, Kepala Madrasah, Guru Agama dan keluarga besar Kemenag Sergai. Mc/Sergai/Nurul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *