188 Orang Jamaah Calon Haji Asal Sergai di Tampung Tawari

* Jaga Kekompakan, Saling Membantu Serta Bertoleransi di Tanah Suci

Sei Rampah, Mencermati praktik penyelenggaraan ibadah haji beberapa tahun terakhir bahwa kesempatan seseorang untuk menunaikan ibadah haji sangat terbatas dikarenakan animo umat Islam yang hendak menunaikan ibadah haji jauh lebih besar dibandingkan kuota yang diberikan. untuk itu kita harus lebih banyak mengucap syukur kepada Allah SWT karena kita termasuk kedalam orang-orang yang beruntung berkesempatan menunaikan rukun Islam yang ke 5 pada tahun ini.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam acara Tampung Tawar Jamaah  Calon Haji Pemkab Sergai Tahun 2019 di Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (27/6/2019).

Hadir juga dalam acara Kapolres Sergai AKBP H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Wabup Sergai H Darma Wijaya, Ketua MUI Sergai H. Lukman Yahya, Kakan Menag Sergai DR. H. Sarmadan Nur Siregar, M.Pd, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, M.Si,  para Kepala OPD, Ustadz Irfan Yusuf, para Camat serta para Jamaah Calon Haji asal Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa untuk menunaikan ibadah haji setidaknya diperlukan tiga syarat yaitu pertama niat atau kemauan, kedua kemampuan baik jasmani, rohani maupun materi dan yang ketiga adanya kesempatan. Untuk itu bagi para jamaah calon haji yang telah mendapatkan kesempatan pada tahun ini, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik mungkin dengan melaksanakan semua ibadah sesuai dengan aturan dan prioritasnya mulai dari rukun, wajib dan sunnahnya.

“ Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam melaksanakan seluruh prosesi mulai sejak pendaftaran sampai dengan pemberangkatan ke tanah suci,” ujarnya.

 Bupati berharap agar jamaah calon haji tetap menjaga kekompakan, saling membantu serta bertoleransi karena di tanah suci seluruh umat Islam dari segala penjuru dunia akan berkumpul untuk menunaikan ibadah haji dengan beragam budaya ataupun kebiasaan dan bahasa yang dibawa dari daerah maupun negara asalnya, harapnya.

Senada dengan Bupati Soekirman, Wabup H. Darma Wijaya menghimbau kepada jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan terutama dalam hal pola makan hendaknya para jamaah calon haji memakan makanan yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Selain itu juga dihimbau tetap memelihara perilaku, memperbanyak sabar serta untuk tidak lupa mendo’akan Kabupaten Sergai agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

“ Yang paling utama adalah membulatkan tekad dan niat menunaikan ibadah haji ini semata-mata karena Allah SWT sehingga predikat Haji dan Hajjah yang mabrur/mabrurrah dapat tercapai,” pungkas Darma Wijaya.

Sementara itu Kepala Kemenag Sergai DR. H. Sarmadan Nur Siregar, M.Pd melaporkan bahwa jumlah jamaah calon haji Pemkab Sergai yang berangkat tahun 1440 H/2019 M sebanyak 188 orang yang terdiri dari 82 laki-laki dan 106 perempuan. Jamaah calon haji tertua dengan usia 83 tahun berasal dari kecamatan Pantai Cermin sedangkan yang termuda berasal dari Perbaungan dengan usia 21 tahun.

Pemeriksaan kesehatan juga sudah selesai dilaksanakan dalam 3 tahap pada bulan Maret hingga Mei lalu termasuk pelaksanaan suntik vaksin meningitis. Jamaah calon haji Kabupaten Sergai tergabung dalam Kloter Mes-07 bersama dengan dua kabupaten/kota yang lain yaitu Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Nias. Jamaah calon haji Sergai akan diberangkatkan pada tanggal 17 Juli 2019 dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada 29 Agustus 2019 mendatang.

“ Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Ir. H. Soekirman selaku petugas TPHD Sergai yang turut serta dalam rombongan telah banyak membantu dalam pelaksanaan pembinaan haji daerah,” tandas Kepala Kemenag Sergai.(Mc/Sergai/Nurul)

248 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *