300 Titik Lampu Tenaga Surya Terpasang

Masyarakat Ucapkan Terimakasih Pada Pemkab Sergai

Perbaungan, Sebanyak 300 titik Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terpasang dan tersebar di beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Khususnya Jalan area Sei Ular Kecamatan Perbaungan menuju jalan Pantai Cermin, pada Sabtu (29/6/2029) malam, lampu ini sudah terpasang dan sudah menyala di malam hari sehingga suasana jadi terang benderang. Menurut seorang tokoh masyarakat Rahmiono, SH (48 thn) atau yang biasa disapa Pak Kacuk warga Lingk.Pasiran Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan saat dikediamannya, Minggu (30/6/2019) mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemkab Sergai, Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya beserta jajaranya maupun Pemerintah Pusat.

Dengan adanya penerangan di sepanjang jalan Sei-Ular Perbaungan menuju Pantai Cermin ini kami merasa nyaman. Dahulu sebelum adanya penerangan di sepanjang jalan itu sering terjadi kecelakaan bahkan juga pernah terjadi begal, jambret dan lainnya, ujar Pak Kacuk.

” Saya mewakili masyarakat Lingk.Pasiran sekali lagi mengucapkan terimakasih yg sebesar-sesarnya kepada Pemkab Sergai dan Pemerintah Pusat. Semoga kedepanya Kabupaten Sergai bertambah maju bahkan lebih maju dari Kabupaten lainya,” paparnya dengan optimis.

Senada dengan Pak Kacuk, Kepala Masinis dari pihak Perkebunan PTP.N.IV Kebun Adolina M.Imran, Harahap, SE (43 thn) menyambut positif dengan ada nya penerangan dari Sei Ular hingga ke Pantai Cermin. Hal ini dikarenakan selama ini belum ada terpasang penerangan yang memadai sehingga jalan tidak begitu terang pada malam hari. Kemudian banyaknya  kendaraan seperti truck yang berhenti pada malam hari yang dapat menimbulkan kecelakaan karena kurang terang pada malam hari.

” Dengan dipasangnya penerangan pada saat ini, persoalan tersebut dapat diatasi  dengan baik. Selain itu juga menciptakan keindahan dimalam hari sehingga akan lebih memperlihatkan suasana yang semakin sempurna, ” kata Imran.

Imran juga berpesan bahwa hal-hal  seperti ini harus terus dilanjutkan oleh Pemkab Sergai, agar Kabupaten Sergai bisa menjadi contoh bagi kabupaten yang lain. Selanjutnya saya berharap semoga Pemkab Sergai terus melakukan Inovasi untuk kemajuan dan memperindah Kota Perbaungan.

” Sebagai masukan saja kami berharap agar tiang lampu bisa di pasang lampu warna warni, hal ini untuk mempercantik suasana pada malam hari, tandas Imran Harahap.

Sementara itu Ustadz Mawardi, S.PdI (65 thn) selaku tokoh masyarakat Kabupaten Sergai saat ditemui dikediamannya di Jalan Coklat Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah pusat yaitu Presiden Joko Widodo yang telah begitu memperhatikan bangsa Indonesia termasuk Kabupaten Sergai secara signifikan dengan memberikan bantuan 300 titik lampu jalan tenaga surya mulai Sei Ular, Kecamatan Perbaungan hingga jalan menuju wisata Pantai Cermin yang saat ini ketika malam telah terang benderang lampu jalan seperti siang hari.

Kami juga sampaikan rasa kebanggaan atas pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan tol yang telah ada saat ini, kami berharap jika memungkinkan kiranya jalan tol terus dibangun hingga seluruh pelosok Indonesia, sehingga masyarakat nantinya mudah untuk menembus seluruh daerah yang menjadi tujuan sehingga terwujud istilah bangsa yang Gemah Ripah Loh Jinawi (kekayaan alam yang berlimpah), Toto Tentrem Kertoraharjo (negara yang senantiasa dalam keadaan damai dan tenteram), ujar Ustadz Mawardi sumringah.

Tak lupa juga kami ucapan terima kasih kepada Pemkab Sergai khususnya Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya yang telah membangun Sergai yang begini raya, kami berharap pembangunan infrastruktur khususnya jalan, jembatan, irigasi serta yang lainnya hingga kepelosok kabupaten yang kita cintai ini dapat semakin merata dirasakan seluruh masyarakat.

“ Kami juga sangat berharap kepada Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya agar jangan terpengaruh isu yang beredar dilapangan saat ini yang hendak memecah belah kekompakan sebagai pemimpin daerah,” harapnya.

Selain itu juga kami mendukung terus pasangan Bupati Soekirman dan Darma Wijaya untuk terus bersatu, sebab jika kalian berpisah, ibarat kami yang sudah adem ayem ini akan seperti ayam kehilangan induk. Untuk periode selanjutnya, semoga pasangan Soekirman-Darma Wijaya ini tetap kompak bersama menciptakan suasana sejuk buat bangsa terutama buat masyarakat Sergai, yang saat ini adem ayem, pemerintahan yang bersih dari korupsi, tidak ada bencana alam yang berarti, sebab mereka berdua adalah sosok yang agamais dan religius, kata Ustadz Mawardi optimis.

Begitupun dengan Irwan Rijali (52 thn) yang biasa disapa Iwan Capung selaku Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN4 Kebun Adolina Perbaungan di Desa Batang Terap terkait pemasangan 300 titik lampu jalan solar cell atau tenaga surya diwilayah Sergai, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama Pemkab Sergai khususnya Bupati Soekirman dan Darma Wijaya dengan Pemerintah Pusat yaitu Bapak Presiden Joko Widodo-JK.

Bantuan lampu jalan ini dirasakan sangat signifikan, sebab jalan Perbaungan sampai Pantai Cermin tersebut adalah jalan poros yang menghubungkan Afdeling I, II dan III sampai ke Pabrik PTPN4 Kebun Adolina. Artinya saat ini jalan tersebut telah terang dan dapat mengurangi tingkat kerawanan perjalanan karyawan dan masyarakat sehingga rasa nyaman dan aman dapat terasakan oleh seluruh pengguna jalan.

Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mohon kiranya aset infrastruktur yang telah dibangun Pemkab Sergai ataupun Pemerintah Pusat dapat bersama-sama dijaga dengan baik. Jika ada pihak-pihak yang merusak agar segera disikapi dan bawa keranah hukum, selanjutnya juga pihak keamanan agar dapat memantau dan menjaga juga aset tersebut. Ucapan selamat disampaikan kepada Bapak Joko Widodo-KH Maruf Amin sebagai Presiden dan Wapres Terpilih. Kiranya kedua pemimpin pilihan rakyat tersebut dapat mengemban tugas negara dan meningkatkan kemakmuran serta mempersatukan bangsa Indonesia agar tetap jaya, pungkas Iwan.

Secara terpisah, Bupati Sergai H Soekirman usai menghadiri acara di Kota Medan mengemukakan saat ini jalan Sei Ular menuju ke Pantai Cermin sudah terang benderang di malam hari. Ini merupakan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS), Sebagai upaya dan sinergitas yang dilakukan Pemkab Sergai dengan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bupati menambahkan bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan daerah yang layak untuk dikunjungi siang dan malam. Hal ini juga akan menyimpan daya tarik bagi pengunjung yang datang, karena kondisinya sudah terang benderang.  Oleh karenanya Bupati berharap agar masyarakat bersama-sama dengan unsur pemerintahan menjaga agar infrastruktur ini tetap dalam kondisi baik sehingga dapat bermanfaat lebih lama untuk kita semua. Lampu memberikan banyak manfaat karena banyak masyarakat yang beraktivitas di malam hari. Infrastruktur baik jalan maupun penerangannya sangat dibutuhkan masyarakat, oleh karenanya ini menjadi perhatian utama bagi pemerintah daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika jalan sudah terang, maka perekonomian semakin kencang,” ujar Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *