Seratusan Masyarakat Sergai Urus Dokumen Kependudukan Setiap Harinya

Sei Rampah,

Tak kurang dari seratus lima puluhan masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memadati Gedung Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (22/8/2019).

Aktivitas dalam melayani masyarakat di Kantor Dinas Dukcapil tergambar dari kesibukan para pegawai dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Tak jarang Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si memonioring langsung para pegawainya saat melayani masyarakat.

“ Jumlah tersebut bisa meningkat sampai tiga kali lipat pada momen tertentu seperti pada masa masuk sekolah maupun ada pendaftaran CPNS,” kata Misiadi salah satu pegawai yang ada di Dinas Dukcapil menyampaikan. Adapun layanan yang diberikan Dinas Dukcapil kepada masyarakat yaitu pelayanan di Bidang Kependudukan terdiri dari pelayanan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), pelayanan Surat Keterangan Pindah (SKP) bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sedangkan pelayanan di Bidang Pencatatan Sipil terdiri dari penerbitan kutipan Akta Kelahiran, kutipan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Akta Kematian, Akta Pengesahan dan Pengakuan Anak, Akta Pengangkatan Anak,  Surat Keterangan dan Legalisasi Fotokopi Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jelasnya.

Meski banyak masyarakat yang melakukan pembuatan dokumen kependudukan setiap harinya, namun Misiadi senang bisa melayani dan menyapa langsung masyarakat Sergai. “ Karena ini merupakan tugas pokok kami, sebagai wujud dari pelayanan publik kepada masyarakat Sergai,” ujarnya dengan ramah. (Mc/Serdang Bedagai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *