GTRA Sergai Laksanakan Rapat Koordinasi Pertama 

Sei Rampah,

Pasca dikeluarkannya SK GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Juli 2019 lalu, Pemkab Sergai telah menginisiasi koordinasi awal untuk merumuskan langkah kerja Tim GTRA untuk kedepannya melalui pertemuan Rapat Tim GTRA, bertempat di ruang kerja Asisten Pemerintahan Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (11/9).

Dalam rapat perdana Tim GTRA yang dipimpin langsung oleh Plt. Asisten Pemerintahan Umum Drs. Fajar Simbolon, M.Si turut dihadiri Kepala BPN Sergai, Sekretaris Dinas Kominfo Mhd Fadhli Isa, S.STP, Kabag Pemerintahan Muhammad Wahyudi, S.STP,  Kabag Hukum Basyaruddin, SH,  perwakilan OPD seperti PMD, Bappeda, PUPR, Sekber RA dan KPA Sumatera Utara.

Disela-sela arahannya Plt. Asisten Pemerintahan Umum Fajar Simbolon juga menyampaikan bahwa selama ini gerakan reforma agraria tidak hanya sebatas dalam teori, namun telah sampai pada tahap implementasi. “Terbentuknya Tim GTRA ini adalah impian dan harapan Bupati Sergai H. Soekirman agar gerakan Reforma Agraria di Sergai dapat berjalan untuk  merangkul kepentingan dan mensejahterakan masyarakat di wilayah ini” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wina Khairina Sekretaris Harian Tim GTRA Sergai mewakili masyarakat sipil mengemukakan, masyarakat juga dapat berkontribusi dan berkolaborasi bersama pemerintah terhadap pelaksanaan Reforma Agraria di Sergai.

Dikatakannya bahwa terdapat dua tahapan penting, pertama memastikan partisipasi masyarakat menjadi emansipasi, dimana masyarakat terlibat aktif dalam proses perencanaan, implementasi dan evaluasi upaya perwujudan reforma agraria di Sergai sehingga mengharuskan jajaran perangkat di desa dapat terlibat dalam GTRA hingga masyarakat dapat mengakses GTRA di tingkat desa. Kedua, Isu Reforma Agraria harus terlembaga didalam RPJMD, RKPD dan APBD Sergai, terangnya.

Oleh karenanya, sangat penting bisa menghadirkan berbagai pihak seperti kelompok organisasi dalam launching GTRA Sergai. Sebagai momentum penting menyambut Peringatan Hari Tani Nasional 2019 maupun menjadi sarana edukasi bahwa Sergai layak menjadi wilayah percontohan bagi kabupaten/kota lain di Provinsi Sumatera Utara terkait komitmen pemerintahan dalam mendorong dan mengakselerasi Reforma Agraria, tandas Wina Khairina.

Sedangkan Kepala BPN Sergai, I. Wayan Suada, menambahkan koordinasi menjadi hal penting dalam pelaksanaannya. ” Hal ini, agar kita bisa menganalisa apa kebutuhan, perencanaan, dan sumberdaya yang dibutuhkan bagaimana bisa melakukan peningkatan kapasitas, termasuk di tingkat desa.” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Arie Putra, Ketua Serikat Petani Sergai, juga meminta 2 hal dari tim GTRA yang harus dilaksanakan agar program kerja GTRA tercapai sesuai amanat Perpres 86/2018.

Adapun itu ditinjau berdasarkan komunitas yang berkonflik dan komunitas yang tidak berkonflik, namun memiliki kendala legalisasi karena berada di perkebunan dan daerah aliran sungai, serta kawasan hutan,ujarnya.

Ditambahkannya, terdapat  kelompok petani anggota kita yang masih berkonflik dengan perkebunan, kemudian bagaimana dalam prosesnya dimana Desa dapat dilibatkan, karena reforma agraria ini tidak kecil masalahnya.

” Bayangan kami harus ada GTRA yang dibentuk di tingkat Desa, sebab selama ini Pemdes tidak pernah dilibatkan dalam konflik-konflik agraria”, tegasnya lagi.

Menutup arahannya Plt  Asisten Pemerintahan Umum Fajar Simbolon  menghimbau agar semua pihak yang memiliki kontribusi pada Tim GTRA yang susunannya merupakan berbagai unsur stakeholder ini, mampu melakukan kinerjanya secara serius serta menempatkan prioritas utama dalam pelaksanaan kerja Tim, baik itu dari pihak pemerintahan daerah, Kantor Pertanahan ATR/BPN Sergai, dan Masyarakat sipil.

“Hasil akhir pertemuan rapat ini telah menyepakati dengan mengambil keputusan, bahwa pada akhir bulan September 2019 mendatang, pihak Pemkab Sergai akan memfasilitasi launching Tim GTRA Kabupaten Sergai kepada jajaran masyarakat, bertepatan pada momentum pelaksanaan Hari Tani Nasional 2019 di Kabupaten Sergai, pungkas Fajar Simbolon. MC Sergai /Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *