Tingkatkan Keterampilan Pelaku Usaha, Dekranasda Sergai Adakan Pelatihan

Perbaungan, Dalam rangka pembinaan dan pengembangan keterampilan pelaku usaha, baik pemula maupun yang sudah lama berkecimpung, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengadakan pelatihan selama 4 (empat) hari untuk produk kerajinan sulaman, batik, desain fashion dan anyaman pandan terawang, di Aula Dinas Perindag Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Senin (30/9/2019).

Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai, Ny. Hj. Marliah Soekirman, yang membuka langsung kegiatan dalam sambutannya menyebut jika pemilihan 4 produk kerajinan dalam pelatihan kali ini didasarkan pada masih besarnya peluang pasar yang tersedia.

Hj. Marliah menyebut produk sulaman tidak hanya terbatas pada produk konveksi saja namun sudah merambah ke bahan lain sebagai media, bahkan yang tergolong unik, seperti misalnya tutup galon air mineral. Batik sebagai produk juga tetap memiliki pangsa pasar yang tinggi mengingat batik kini sudah menjadi pakaian resmi banyak instansi, baik swasta maupun negeri.

Sedangkan untuk produk desain fashion, lanjutnya, saat ini juga sudah merambah ke berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut), dibuktikan dengan seringnya penyelenggaraan lomba desain fashion yang mendapat atensi cukup baik dari masyarakat. Terakhir produk anyaman pandan terawang pun kini sudah semakin banyak diminati, baik di pasar lokal maupun luar daerah.

“Dekranasda sebagai organisasi nirlaba selalu siap untuk maju ke depan dalam upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan daerah,” kata Hj. Marliah.

Dijelaskan Hj. Marliah, jika Dekranasda sangat concern terhadap kondisi situasi global yang tentu banyak mempengaruhi kondisi pasar, konsumen dan produk sehingga dibutuhkan metode yang dapat menyesuaikan dengan situasi yang berkembang. Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama pelatihan marketing online dengan menggandeng PT. Shopee Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kini, produk kerajinan Sergai sudah banyak dipasarkan melalui pemasaran online, ungkapnya.

Perkembangan teknologi dan informasi, sebut Hj. Marliah, sangat pesat akhir-akhir ini sehingga muncul tantangan baru yang harus dihadapi bersama khususnya oleh pelaku industri kerajinan. “Teknologi telah mengubah seluruh mekanisme peradaban manusia. Jika dapat dimanfaatkan tentu ini dapat mengangkat produk kerajinan lokal Sergai menjadi lebih dikenal dan semakin memperluas peluang pasar yang ada,” ujarnya.

Ketua Dekranasda, berpesan kepada seluruh peserta agar benar-benar memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan baik guna menimba ilmu yang berguna bagi pengembangan keterampilan dan usaha masing-masing. “Lebih dari itu semoga pelatihan ini nantinya dapat memberikan manfaat untuk pengembangan kemampuan diri dan usaha menjadi lebih baik lagi,” harapnya lagi.

Dalam kegiatan ini hadir juga Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Para Kepala OPD, para Kepala Bidang, Para Instruktur, Kepala Desa Bengkel Abdan Nasution, dan para peserta pelatihan. MC Sergai/vivi

249 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *