Sergai Gelar Festival Budaya Melayu

Pantai Cermin,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud) menyelenggarakan Festival Budaya Melayu berupa Pinangan, Hantaran dan Nasi Hadap Hadapan Tahun 2019 di Objek Wisata Pantai Sri Mersing Kecamataan Pantai Cermin, Minggu (01/12/2019).

Dalam sambutan Bupati Sergai Ir. H Soekirman yang dibacakan oleh Asisten Ekbangsos Ir. H Kaharuddin menyampaikan sebagaimana kita ketahui bahwasanya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat terkenal dengan aneka ragam adat budaya. Hal ini tentu membuat kita bersatu, dan pada hari ini akan ditampilkan adat Melayu.

Selain itu, lanjut Bupati, bahwa dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif subsektor kuliner serta mempromosikan objek wisata dan kuliner berkearifan lokal, budaya dan pariwisata merupakan kolaborasi penting dalam upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan pada objek wisata yang biasa disebut wisata berbasis budaya.

Pada kegiatan Pinangan, Hantaran dan Nasi Hadap Hadapan merupakan kegiatan adat Melayu pada setiap upacara perkawinan dan pada kegiatan ini juga dilakukan sebagai cerminan keberagaman adat istiadat di kabupaten ini sehingga diharapkan pada kegiatan Festival ini juga membawa kebahagiaan kita semua di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, tutup Soekirman.

Sementara Kadis Poraparbud Sergai Sudarno, S.Sos menyebutkan bahwa pada Festival ini diikuti oleh para peserta yang berjumlah sekitar 60 orang di 5 (lima) kecamataan yaitu Kecamataan Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Bamban dan Sei Rampah.
Sedangkan tujuan digelarnya festival ini untuk mengembangkan adat istiadat Melayu di Sergai, ungkap Sudarno.

Sudarno menambahkan, acara seperti ini juga untuk menggali tradisi adat suku Melayu dan menumbuh kembangkan potensi wisata berbasis budaya di Kabupaten Sergai serta sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sergai untuk melestarikan Budaya Melayu sekaligus mengembangkan objek wisata yang ada di Sergai sehingga membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara akan berkunjung ke beberapa objek wisata di kabupaten ini, kata Sudarno.

Adapun para pemenang lomba pada Festival tersebut adalah untuk kategori Nasi Hadap Hadapan Juara I diraih Kecamatan Teluk Mengkudu, Juara II Kecamatan Sei Bamban dan Juara III APPSI Perbaungan.

Sedangkan kategori Pinangan dan Hantaran Juara I PKBM Sergai, Juara II Kecamataan Sei Rampah, Juara III Kecamataan Perbaungan.

Pada acara Festival ini juga dihadiri oleh Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si,
Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kepala OPD, Ketua PD MABMI H. OK David Purba, Camat dan Muspika Kecamataan Pantai Cermin, para ketua TP PKK beserta para anggotanya di 5 Kecamatan Sergai dan para undangan lainnya.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *