Pada Perayaan Natal GAMKI,  Bupati Soekirman : “Sergai Kabupaten Toleran”

Perbaungan,
Sebagai daerah dengan mayoritas pemeluk agama Islam, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mampu menunjukkan bagaimana mayoritas dapat menjaga toleransi terhadap minoritas agama lain, seperti yang disampaikan oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada pembukaan sambutannya dalam Acara Natal Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sergai yang dilaksanakan di Gereja HKBP Resort Perbaungan Kecamatan Perbaungan, Minggu (29/12/2019) sore.

Natal yang berlangsung lancar dan khidmat ini dihadiri oleh Kabag Kesra Arianto, S.Pd, Pengkhotbah Pdt. F.A.S Bancin, M.Th, Penasehat GAMKI Wanretno Simanullang, Ketua GAMKI Sergai Jhonson Panjaitan beserta jajaran, Sekretaris BKAG Sahala Siburian, Kapolsek Perbaungan AKP Jhonson M Sitompul, jajaran PAC GAMKI se-Sergai, Pemuda Gereja, jemaat serta para undangan.

Bupati melanjutkan, hingga kini umat beragama yang ada di Kabupaten Sergai selalu beraktivitas dengan aman, tenteram dan damai sebab masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat ini selalu kompak menjaga persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama.

“GAMKI tentu sangat paham dengan praktik toleransi antar umat beragama karena orang-orang GAMKI dikenal mampu bergaul dengan siapa saja tanpa memandang identitas primordial seperti suku atau agama,” puji Soekirman.

Toleransi pun dapat diterapkan, kata Bupati lagi, dari hal-hal kecil seperti mengunjungi tetangga serta memberi makan-minum kepada umat yang berbeda agama sebagai tanda syukur dan eratnya persaudaraan. Dengan tegas Bupati meminta segenap hadirin solid menghadapi pihak-pihak yang ingin memecah belah keutuhan bangsa lewat provokasi dan penyebaran hoaks di tengah publik.

Terakhir, Bupati menyampaikan Pemerintah Daerah sangat mendukung pengalokasian anggaran dana desa dalam rangka pembinaan kerohanian umat beragama tidak hanya Islam saja, namun bagi umat Kristiani, Buddha, Hindu dan lainnya dengan sebaik-baiknya.

“Untuk itu kami meminta generasi muda GAMKI menujukkan kemampuan dan keunggulan untuk bersama-sama menjaga kelestarian budaya seperti bahasa, tari dan kesenian daerah agar tidak hilang ditelan zaman sebagai jati diri dan kebanggaan kita akan budaya bangsa,” pungkasnya.

Wanretno Simanullang yang merupakan Penasehat GAMKI Sergai menyampaikan rasa bangga atas kesediaan Bupati Soekirman menghadiri perayaan Natal GAMKI. Wanretno juga menyebut kader-kader GAMKI memiliki kapabilitas dan intergritas yang terbukti sehingga diharapkan mampu ikut berkontribusi dalam membangun Kabupaten Sergai.

“Organisasi ini memiliki kader-kader yang unggul dan inovatif serta berharap nantinya kader-kader GAMKI yang memiliki kapabilitas, kapasitas, dan kemampuan tersebut dapat selalu diikutsertakan dan berperan penting dalam suksesnya pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan pada masa kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya,” katanya lagi.

Di momen yang sama, Ketua GAMKI Sergai Jhonson Panjaitan, juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Bupati sekaligus mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah Kabupaten Sergai, terutama kepada Bupati-Wabup serta seluruh jajaran.

Jhonson berharap Pemkab Sergai tetap berkomitmen menjaga toleransi antar umat beragama, memperhatikan pembangunan desa, pembinaan organisasi terutama GAMKI dan pemberantasan narkoba. “Selain itu kami mendukung terus terjaganya persatuan dan kesatuan serta membangun daerah ini dengan kebersamaan.”
Ketua Panitia Nando Sidabutar lewat Laporan Ketua Panitia menyebut Natal GAMKI tahun ini mengambil tema

“Sejahterakan Kota di manapun Kamu Berada dan Doakanlah (Yeremia 29:7) dengan Subtema “Angkatan Muda Kristen Serdang Bedagai Menjadi Sahabat Bagi Semua dalam Mengusahakan Kesejahteraan Kota”.

Nando juga menyampaikan, “Bahwa melalui momen perayaan Natal yang penuh khidmat ini kami seluruh unsur GAMKI mempertegas tekad untuk menjalankan kewajiban dan mendukung program pembangunan pemerintah daerah melalui segala potensi yang dimiliki organisasi yang kita banggakan ini,” tutupnya.

Perayaan Natal ini juga diisi dengan sesi lucky draw, pemberian tali asih dan penyerahan buku “Serdang Bedagai Kampung Kami” edisi khusus yang ditulis oleh Bupati Soekirman kepada Pengurus GAMKI Sergai. (MC/Sergai/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *