Pemkab Sergai Gelar Lomba Senam Peregangan Lintas OPD

Sei Rampah,

Menghadapi permasalahan kesehatan yang timbul akibat dari perilaku hidup tidak sehat serta sanitasi yang tidak memadai, dapat dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Maka untuk menunjang produktivitas kerja pada lingkungan organisasi jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) diimbau dapat menggalakkan secara promotif dan preventif melalui kesadaran, kemauan meningkatkan pola hidup sehat, dengan Melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Geramas) salah satunya dengan melakukan senam peregangan bagi antar lintas OPD.

Demikian imbauan yang disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP ketika membuka secara resmi kegiatan lomba senam peregangan lintas OPD dalam menyambut HUT ke-16 Kabupaten Sergai, yang diselenggarakan di halaman kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (3/1/2020).

Turut hadir mendampingi Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, Kepala BAPPEDA Ir  Prihartinah, M.Si dan para Juri penilai lomba.

Dalam Germas, lanjut Bupati, bahwa perubahan gaya hidup diharapkan dapat membuat semua pekerja menjadi sehat dan bugar sehingga menunjang produktivitas kerja. Senam peregangan seyogianya wajib dilakukan sebab didapati banyak pekerja terutama pekerja kantoran yang bekerja dengan gerakan statis, duduk terlalu lama, dan bekerja dalam posisi yang tidak tepat. Jika kondisi ini berlangsung lama maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan, ujarnya.

Bupati juga menyampaikan harapan yang besar, setelah lomba senam peregangan ini yang dilakukan oleh perwakilan OPD maupun perangkat organisasi di tingkat kecamatan menjadi momentum  mensosialisasikan dan menindaklanjuti agar diterapkan di masing-masing lingkungan tempat kerja, sehingga pegawai/karyawan dapat menjaga stamina tubuh tetap fit saat bekerja.

“ Setidaknya dapat dilakukan setiap jam 10:00 WIB dan jam 14:00 WIB dengan menggunakan alarm pengingat, supaya pegawai di lingkungan Pemkab Sergai ini selalu ingat untuk melakukan peregangan meskipun sibuk bekerja” pungkas Bupati.

Adapun kriteria penilaian yang dilakukan oleh para juri ini dilihat dalam aspek penampilan (kostum), kekompakan, ketangkasan dan ketrampilan gerakan para peserta dalam menampilkan gerakan senam yang orisinal yang masing-masing penampilan grup senam berdurasi 5 menit.

Jumlah peserta lomba Senam Peregangan pertandingan antar lintas OPD diikuti 21 Tim dan berhasil dimenangkan oleh Kecamatan Tebing Syahbandar yang menjadi Juara I, Dinas Pertanian menjadi Juara 2 dan Dinas Kominfo menjadi juara 3, sedangkan juara harapan 1 hingga 6 berhasil diraih oleh Puskesmas Kuala Bali Serba Jadi, BPBD, Dinas Ketahanan Pangan, BAPPEDA, Kecamatan Dolok Masihul serta Satpol PP.

Diakhir acara dilakukan senam bersama seluruh peserta dan panitia dengan dipandu oleh Instruktur/Juri. MC Sergai/ Vivi

399 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *