Sambut HUT ke-16, Sergai Gelar Lomba Menulis Esai dan Video

Sei Rampah,

Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam meningkatkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) masyarakat maupun jurnalis  diberbagai bidang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan. Sejalan dengan hal tersebut, pada peringatan HUT ke-16 Kabupaten Sergai dengan mengusung tema “ kita tingkatkan ekonomi kreatif dan pariwisata desa untuk mewujudkan Serdang Bedagai Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan “.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP saat membuka Lomba Menulis Esai dan Video dalam rangka HUT ke-16 Kabupaten Sergai tahun 2020 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (3/1/2020).

Menyikapi dan mendukung hal tersebut, lanjut Bupati, banyak cara untuk memunculkan dan menggali potensi yang dimiliki masyarakat baik dari ASN, Jurnalis hingga masyarakat umum yang salah satunya adalah dengan kegiatan lomba menulis esai dan video yang digelar oleh Dinas Kominfo hari ini, ujarnya.

Dengan mengambil tema utama potensi/inovasi peningkatan ekonomi kreatif dan pariwisata desa di Kabupaten Sergai, perlombaan ini menekankan kepada para peserta untuk melatih kemampuan dan menuangkan gagasan cemerlang melalui tulisan dan video yang diperlombakan.

Bupati mencontohkan, seperti dalam hal menulis esai, tidak hanya sekedar menuliskan sebuah karya tulis saja, namun penulis dapat menanamkan nilai-nilai kecintaan pada daerah  melalui ide yang berasal dari diri sendiri, bukan orang lain, sebutnya.

Sedangkan pada lomba video, memasuki era digital yang semakin canggih, melalui peralatan dan kemampuan membuat video dari putra-putri Sergai, kami yakin akan dapat menghasilkan video yang berkualitas dan mengandung pesan kearifan lokal Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini, kata Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada yang berhasil menjadi juara untuk terus menggali kemampuan dan potensi guna mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi. dan kepada yang belum meraih juara, agar tidak patah semangat dengan terus semangat berlatih lagi hingga mencapai prestasi yang cemerlang, tandas Bupati Sergai.

Sebelumnya Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si selaku Panitia Penyelenggara kegiatan melaporkan, tujuan kegiatan diharapkan untuk memotivasi kepada para wartawan maupun masyarakat untuk lebih giat dalam membuat tulisan serta menuangkan ide-ide kreatif terkait potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Sergai dan mempublikasikannya melalui media. Sedangkan untuk video, bagi wartawan maupun masyarakat dapat menuangkan ide, gagasan maupun pesan lewat video visual yang nantinya hasilnya dapat ditayangkan di media sosial.

Adapun peserta yang mengikuti lomba menulis esai untuk kategori wartawan sebanyak 19 orang, kategori umu sebanyak 12 orang. Selanjutnya untuk lomba video sebanyak 10 peserta. Kegiatan lomba ini juga melibatkan para Dewan Juri yang berasal dari berbagai unsur seperti PWI cabang Sumut, AJI Medan, Akademisi USU Medan, KPID Sumut dan para Praktisi Perfilman maupun reporter.(Mc/Sergai/Nurul)

286 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *