Bupati Soekirman Hadiri Peresmian HKBP Ressort Sukamandi Lubuk Pakam

Lubuk Pakam,
” Terimakasih saya ucapkan atas undangan dari masyarakat HKBP khususnya Ressort Sukamandi yang telah mengundang saya dan saya sangat sayang kepada orang Batak sebab banyak tenaga pendidik kami di Serdang Bedagai  (Sergai) adalah orang Batak yang menjadi guru dan pembimbing kami hingga berhasil seperti saat ini, kata Bupati Sergai Ir H Soekirman saat menghadiri acara Peresmian HKBP Ressort Sukamandi Lubuk Pakam di Gereja HKBP Ressort Sukamandi Distrik XXIX Deli Serdang, Minggu (26/1/2020).
Hadir juga dalam acara Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang Pdt. Same Siahaan, STh, Pdt Jefri Hutabarat, S.Th, Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto Sirait, Presiden LIRA Letkol (Purn) B. Siahaan, Asisten Pemerintahan Umum Hj Nina Deliana, S.Sos,M.Si, Kabid PIKP Dinas Kominfo Kamaluddin Saragih, S.P.dI, M.Si para pendeta, serta jemaat HKBP Ressort Sukamandi.
Bupati menyebut,  tidak banyak yang saya lihat dan ingat, namun saya menjumpai teman lama saya semasa saya kecil di Sukamandi ini. Masyarakat Lubuk Pakam khususnya Sukamandi ini sangat penting bagi saya dan tidak terlupakan sehingga tidak pernah bisa menolak jika diundang dalam kegiatan apapun.
” Disini dahulu saya bersekolah, teringat saya pernah diusir saat berjualan kue di lingkungan sekolah. Hal itulah yang membuat saya menjadi berhasil karena membuat saya terpacu untuk mencari jalan dalam berusaha dan belajar,” kenang Bupati Soekirman.
Bupati juga sangat terkesan dengan falsafah orang Batak tercermin dari bangunan rumah yang lebih tinggi dibelakang daripada didepan agar generasi mendatang lebih baik dari generasi sebelumnya. Seperti halnya juga pribahasa bahwa jangan pernah sakit hati kepada siapapun akan tetapi dengan banyaknya rintangan akan menjadikan kita lebih baik dan berguna kepada banyak orang, ungkapnya.
Bupati berharap semoga kedepannya kita tetap dalam persaudaraan yang kuat, hari ini meningkat posisi HKBP menjadi Ressort yang menjadi kebanggaan bagi saya dimana saat ini banyak rumah ibadah ditinggalkan, HKBP ini justru semakin meningkatkan kapasitas dan kualitasnya, harapnya.
Kemudian diutarakan Bupati, sesuai tema Reposisi Penginjilan HKBP, yang membuat para pendeta HKBP harus terus meningkatkan pengetahuan dalam rangka memberikan pelayanan kepada jemaat serta pelestarian budaya dan bahasa Batak.
” Kita sudah cukup berpegang kepada UUD 1945 dan Pancasila, janganlah ditambah lagi persoalan-persoalan lainnya, tetap jaga kerukunan antar umat beragama dengan menjaga toleransi serta menerima keberagaman dan hidup damai berdampingan satu sama lain,” terangnya.
Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman mengajak seluruh yang hadir untuk meningkatkan terus persatuan dan kesatuan, ikuti terus cara-cara HKBP, karena HKBP ini bukan kaleng-kaleng, namun sangat diperhitungkan secara nasional dan bahkan dunia.
Seiring dengan peningkatannya menjadi Ressort, agar dinaikkan juga prestasi HKBP sebab dahulu HKBP adalah pemimpin dalam segala hal terutama dalam pelestarian budaya dan adat Batak, tandas Bupati menutup sambutannya.
Dalam kesempatan tersebut Praeses HKBP Distrik XXIX Deli Serdang Pdt. Same Siahaan, S.Th secara khusus mengucapkan terimakasih atas hadirnya Bupati Sergai Ir H Soekirman yang sangat dekat tondi-nya dengan masyarakat Batak.
” Semoga dengan peresmian ini, maka sukacita dan pelayanan menjadi bertambah di Sukamandi ini. Kami akan segera mereposisi HKBP sebab banyak perubahan yang harus disikapi untuk kebaikan HKBP itu sendiri,” ujarnya.
Terimakasih khusus kepada Bupati Soekirman yang telah mengingatkan kami, memberikan masukan terutama tentang menjaga toleransi sehingga apa yang diharapkan dari Gereja ini dapat terlaksana, katanya dengan bijaksana.

Sebelumnya Ketua Panitia Pdt. J. Sianturi menyampaikan rasa kehormatan dan ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta jajaran pada acara peresmian HKBP Ressort Sukamandi Lubuk Pakam pada hari yang berbahagia ini. Hari ini jemaat HKBP sangat bersukacita dengan tercapai dan terlaksananya HKBP Sukamandi naik status menjadi Ressort. Hal ini adalah berkat dukungan serta semangat dari seluruh unsur yaitu Pemerintah dan masyarakat HKBP, sebutnya.

” Tuhan akan memberkati kita semua dan kebanggaan khusus kepada Bupati Soekirman sebagai putra asli Desa Pagar Jati ini. Dengan kehadiran Bupati beserta jajaran ini merupakan hal positif dan momen yang tepat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada bidang keagamaan,” imbuhnya.
Pada kegiatan tersebut Bupati beserta Praeses dan unsur HKBP melakukan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian dan toleransi antar umat beragama serta penanaman pohon guna melestarikan lingkungan. MC Sergai Vivi
546 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *