Bupati dan Wabup Sergai Awali Pendataan Mandiri SP 2020

Perbaungan,

Hari ini, Sabtu (15/2/2020) pertama kalinya Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) seluruh Indonesia. Di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pendataan mandiri perdana sensus penduduk dilakukan kepada Bupati Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya di kediaman masing-masing.

Saat menerima kunjungan Tim SP 2020 kediamannya Jl. Coklat I Kel Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyambut baik pelaksanaan SP Online 2020 ini. SP online sangat tergantung dari partisipasi aktif masyarakat untuk mengisi data diri secara mandiri atau dilakukan sendiri baik menggunakan perangkat ponsel android maupun komputer yang terkoneksi jaringan internet.

” Kepada masyarakat yang sudah cukup berumur atau kurang memahami teknologi dapat mendatangi warnet terdekat untuk dibantu dalam memasukkan data yang diperlukan,” ujar Bupati.

SP Online untuk Kabupaten Sergai pada 15 Februari – 31 Maret 2020 yang dimulai dari mendata saya dan keluarga, kemudian pendataan dilanjutkan dikediaman Wabup H. Darma Wijaya beserta keluarga di Sei Rampah. Untuk itu, perlu pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat data kependudukan yang dilakukan melalui SP Online 2020 ini.

Bupati mengingatkan betapa pentingnya data, sebab data merupakan hal yang paling penting dan berharga untuk melakukan perencanaan dan membuat kebijakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan kita juga sebagai masyarakat. Selain itu, manfaat lain dari sensus ini adalah untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi antar instansi pemerintah yang dibangun dalam wadah Forum Satu Data Indonesia, jelas Soekirman.

Usai melaksanakan pendataan SP 2020 di kediaman Bupati Sergai, Tim sensus dari BPS Sergai selanjutnya mengunjungi kediaman Wabup H Darma Wijaya di Jl Tanah Tinggi Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Dalam kesempatan tersebut Wabup mengimbau seluruh masyarakat Sergai untuk dapat mensukseskan SP 2020. ” Ayo sukseskan SP 2020 dengan memberikan data yang dibutuhkan. Kepada masyarakat dapat melakukan SP online dengan mengisi data dengan baik dan benar, seperti yang baru kami lakukan ini, ” katanya.

Sementara itu Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si menyampaikan tujuan SP Online 2020 adalah untuk mengumpulkan informasi kependudukan secara online. Kegiatan ini dilaksanakan pada Februari-Maret 2019 secara mandiri melalui website https://sensus.bps.go.id dan pendataan door to door pada Juli 2019.

” Kami mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat pada Sensus Penduduk ini, karena dengan data yang valid ini nantinya akan diketahui bahwa seberapa jauh tingkat pendapatan hingga kesejahteraan masyarakat Sergai melalui sensus ini,” terang Kepala BPS Sergai.

Hadir juga dalam pendataan SP 2020 dikediaman Bupati dan Wabup Sergai, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Asisten Ekbang Ir H Kaharuddin, MM, Asisten Pemkesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Camat Perbaungan Drs Benny Saragih MM, Kabag Protokol dan Kompim Erfin Fachrurrazi, S.STP, M.Si, Kabid PIKP Dinas Kominfo Kamaluddin Saragih, S.PdI, M.Si, Lurah Batang Prayogi Eko Prasetio, S.STP, jajaran BPS Sergai. MC Sergai Vivi

321 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *