Berikan Semangat, Bupati Soekirman Jenguk “ Bayi Khairan”

Sei Rampah,

Sebagai bentuk kepedulian sekaligus memberikan semangat bagi orang tua pasien bayi laki-laki bernama Khairan (usia 12 hari), Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi dr. Nanda Satria Hasrimy menjenguk pasien yang dirawat di  RS Sultan Sulaiman, di Sei Rampah, Kamis (27/2/2020).

Saat berada dihadapan keluarga pasien (orang tua bayi Khairan) Azis dan Vina Dewanti, Bupati memberikan semangat dan kepedulian terhadap pasien beserta keluarga. Setelah melihat kondisi bayi saat ini, saya melihat telah mengalami perkembangan signifikan tidak seperti di foto yang dikirim kepada saya beberapa waktu yang lalu. “ Kita berdoa Insya Allah pasien akan semakin pulih dan sehat,” harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui pola hidup bersih dan sehat, serta khususnya kepada Ibu hamil agar selalu rutin memeriksakan kandungan di Posyandu dan Puskesmas terdekat. Hal ini penting selain memastikan Ibu dan janin sehat, juga bentuk antisipasi jika terdapat kelainan ataupun penyakit sehingga dapat segera ditangani. Selain itu hal yang paling penting juga adalah segera mengurus BPJS dari jauh hari agar tidak terkendala dalam hal administrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit, pesan Bupati.

Sedangkan Direktur RS Sultan Sulaiman, dr. Nanda Satria Hasrimy saat mendampingi Bupati Soekirman mengungkapkan, RS Sultan Sulaiman menerima pasien bayi laki-laki dengan keluhan perut membesar dan mengkilat, serta buang air besar sedikit.

Menurut diagnosa awal suspect ileus, hasil konsultasi dokter bedah didapatkan diagnosa Distensi Abdomen ed Hisprung Disease. Penyakit ini terjadi karena kelainan saraf yang mengontrol pergerakan usus besar. Hal ini menyebabkan usus besar tidak dapat mendorong feses keluar, sehingga menumpuk di usus besar dan bayi tidak bisa BAB. “ Dengan perawatan dan pengawasan intensif hingga kini kondisi bayi sudah semakin membaik dan perut tidak membesar seperti sebelumnya. Selanjutnya, untuk penanganan lebih intensif pasien disarankan untuk dirujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilitas subspesialis bedah anak,” terang dr Nanda.

Terkait administrasi yaitu belum adanya kartu BPJS, pihak pemerintah daerah melalui RS Sultan Sulaiman dan Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan BPJS agar segera dapat dibantu sehingga tidak ada lagi kendala pelayanan kesehatan. Karena memang tujuan kita adalah melayani masyarakat, bukan malah mempersulitnya. “ Kami imbau kepada masyarakat agar tidak melupakan untuk menyiapkan perlindungan kesehatan melalui BPJS sebelum dan disaat masa kehamilan,” katanya.

Sementara itu,  orang tua opasien, Vina Dewanti yang merupakan warga Dusun I Desa Pon Kecamatan Sei Bamban merasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati pada hari ini. Hal ini menambah semangat dan menjadi penghibur serta sangat berharga bagi kami, terlebih bantuan moril dan materil yang disampaikan pada hari ini ditengah keterbatasan ekonomi yang kami miliki. “ Terima kasih kepada pihak RS Sultan Sulaiman yang telah melakukan pelayanan kesehatan hingga saaat ini. Kami mohon doa agar bayi kami dapat segera sembuh dan dapat dibawa pulang,” katanya penuh harap.

Turut serta dalam kunjungan, Kadis Kesehatan yang diwakili Kabid Kesmas drg. Tatik Iswandari, M.Kes, jajaran RS Sultan Sulaiman dan keluarga pasien lainnya. MC Sergai/vivi/rini

290 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *