Rapat Koordinasi, Bupati Sergai Sampaikan Pesan Pembangunan dan Isu Penting

Sei Rampah,

Pada Rapat Koordinasi Pemerintahan Dan Pembangunan, yang di gelar Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (9/2/2020), Bupati Ir. H. Soekirman menyampaikan beberapa pesan perihal kondisi pembangunan dan isu penting yang berkembang di tengah masyarakat.

“ Pelaksanaan program kegiatan harus melalui perjanjian kinerja agar hasil yang diraih sesuai dengan indikator-indikator terukur. Dengan cara seperti itu maka kegiatan tahun sebelumnya bisa kita ketahui dan kegiatan yang sekarang dilaksanakan punya target capaian yang jelas yang tentu saja mencakup output dan outcome yang juga terukur,” kata Bupati dalam sambutannya saat membuka acara.

Soekirman menyampaikan jika untuk tahun 2019, Kabupaten Sergai meraih predikat B di bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Ia berharap untuk periode 2020, Sergai dapat meningatkan raihan menjadi BB. “Kita bisa lebih baik dengan meraih nilai BB jika sama-sama berkomitmen meningkatkan kinerja. Mari berharap dan berusaha agar kita tidak berpuas diri pada kinerja yang sudah diperbuat,” katanya.

Bupati juga menyinggung gelaran Sensus Penduduk tahun 2020 yang sedang dalam tahap pendataan online. “Mudah-mudahan saja dengan sudah bertambahnya media pendataan saat ini di mana penduduk sudah dapat mengunggah data kependudukan secara online, maka target jumlah partisipan lebih banyak dibanding pendataan manual di lapangan,” katanya.

Selain itu Bupati juga memberi imbauan kepada peserta rapat terutama kepada Dinas Kesehatan agar bertindak cermat dan tepat menghadapi pandemi virus Corona yang dikabarkan sudah masuk ke wilayah Indonesia. “Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai sudah memiliki program GEMAS atau Gerakan Empati Masyarakat Sakit dan GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Dinkes harus lebih proaktif dalam sosialisasi kepada khalayak ramai khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Namun di atas semua itu masyarakat mesti tenang dan jangan panik berlebihan menanggapi informasi yang berkembang yang tidak seluruhnya benar,” tambah Soekirman.

Proses pemeriksaan yang sedang dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) juga menjadi perhatian Bupati. Soekirman dan meminta kepada seluruh Kepala OPD dan Camat agar ikut bekerja dan kooperatif dalam menyelesaikan berkas-berkas yang dibutuhkan BPK agar hasil pemeriksaan sesuai dengan target yang ditentukan oleh BPK Provinsi Sumut.

Terakhir, Bupati mengungkap kabar baik dari Walikota Banjarmasin yang berencana hadir secara langsung ke kampung Banjar yang terletak di Kecamatan Sei Bamban. “Walikota Banjarmasin bersama dengan saya selaku penerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI berencana hadir untuk menjenguk warga Banjar yang ada di kampung Banjar. Bersama dengan kampung Batak dan Bali, kampung Banjar sedang dalam pencanangan untuk diresmikan sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya dan destinasi wisata di Kabupaten Sergai,” pungkas Bupati.

Hadir pula dalam rapat ini Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, Perwakilan Bulog Divisi Regional I Sumatera Utara, para Asisiten, Staf Ahli, Para Kepala OPD dan Jajaran Camat se-Kabupaten Sergai. MC Sergai Vivi/ Rini

507 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *