Preventif Hadapi COVID-19, Pemkab Sergai Lakukan Penyesuaian Aktivitas Kerja

Sei Rampah,

Pasca ditetapkannya pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) langsung memberlakukan beberapa kebijakan preventif dan penyesuaian aktivitas kerja OPD.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP saat ditemui di ruang kerjanya, Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (17/3/2020) mengatakan Pemkab perlu mengambil tindakan tepat dengan memperhatikan situasi secara nasional terkait penyebaran COVID-19 yang sudah muncul di beberapa daerah.

“ Sesuai dengan Surat Edaran nomor 18.33/800/1575/2020 tentang upaya pencegahan perkembangan dan penyebaran virus corona di lingkungan Pemkab Sergai, dilakukan langkah-langkah dan upaya pencegahan antara lain pelaksanaan Hari Kesadaran Nasional yang harusnya dilaksanakan hari ini sementara ditiadakan. Begitu juga pelaksanaan apel pagi dan sore,” jelas Faisal.

Faisal juga menyebut aktifitas perekaman presensi via finger print sampai tanggal 31 Maret dialihkan ke format absensi manual untuk meminimalisir kontak dengan objek yang disentuh oleh khalayak ramai mengingat virus corona bisa saja tersebar melalui paparan dengan benda atau fasilitas publik yang digunakan penderita.

“ Selain itu kebijakan ini juga bisa dijadikan sebagai momentum untuk segenap personil Pemkab Sergai agar lebih mengoptimalkan fasilitas E-Government atau birokrasi berbasis IT seperti misalnya Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) yang memungkinkan masing-masing pegawai dalam satu dinas atau lintas OPD dapat melakukan interaksi dan koordinasi secara virtual, cepat dan praktis dan tentunya meminimalkan kontak fisik,” jelas Sekda lagi.

Sekdakab menambahkan, secara khusus Surat Edaran tersebut juga meminta agar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai menyediakan aplikasi daring yang memfasilitasi rapat berformat teleconference di lingkungan Pemkab Sergai.

“Kita bersyukur sudah memiliki fasilitas E-Governement yang sudah mengakomodasi kebutuhan birokrasi berbasis online dan kita juga dapat memanfaatkan aplikasi teleconference yang memungkinkan kegiatan rapat dapat dilaksanakan di mana saja tanpa harus terkumpul dalam satu ruangan yang sama. Saya berharap Dinas Kominfo dapat mengakomodir kebutuhan ini demi kelancaran proses kerja Pemkab,” harap Faisal.

Terakhir Sekdakab tak lupa mengingatkan agar masyarakat tidak perlu panik berlebihan merespons pandemik COVID-19 mengingat pemerintah sudah dan akan terus melakukan upaya preventif semaksimal mungkin. “Namun publik juga harus ikut bersinergi dalam menghadapi tantangan ini, terutama dalam mentaati imbauan perihal pola hidup sehat dan steril, menghindari kerumunan untuk beberapa waktu, melakukan isolasi diri jika diperlukan dan lain sebagainya,” pungkasnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *