Bupati Soekirman Hadiri Pelantikan Sekretariat PPK se-Sergai

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan 51 orang Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai, Jumat (20/3/2020). Ke 51 Sekretariat Panitia Pemilihan tersebut akan dipersiapkan menyambut Pilkada yang akan diselenggarakan pada September tahun ini.
” Kami berharap personil yang dilantik dapat menjalankan tugas semaksimal mungkin sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Peran saudara dan saudari sekalian sangat penting dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan nanti,” ucap Bupati di hadapan undangan yang antara lain dihadiri oleh Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, SE, M. Tr, (Han), Kajari Sergai Paian Tumanggor, SH, Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos mewakili Kapolres Sergai, mewakili Kapolres Tebing Tinggi serta Sekretariat PPK se-Kabupaten Sergai.

Sebagai salah satu daerah yang melaksanakan Pilkada, Pemkab Sergai, KPU dan Bawaslu tentu harus menjamin pelaksanaannya nanti yang akan mengakomodasi kedaulatan rakyat untuk memilih secara langsung dan demokratis, kata Bupati.
Bupati menginformasikan Pilkada nanti akan diikuti oleh 270 daerah di seluruh Indonesia dengan perincian 9 daerah melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wagub, 224 daerah melaksanakan pemilihan Bupati dan Wabup serta 37 daerah melaksanakan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.
“Sebelumnya kami juga sudah mengikuti kegiatan sosialisasi Netralitas ASN yang diselenggarakan oleh Bawaslu dan KPU Provinsi di Pantai Cermin pada Selasa, 10 Maret lalu. Di sana saya didapuk sebagai pembicara untuk sosialisasi yang bertemakan netralitas ASN, personil TNI dan Polri menghadapi Pemilukada mendatang.”
Bupati menyebut dalam paparannya di kesempatan sosialisasi tersebut, dirinya mengatakan jika pemilihan umum yang akan dilaksanakan secara langsung bertujuan untuk memenuhi prinsip “the right man on the right place”. Untuk mencapai hal itu, lanjutnya, diperlukan sinergitas bersama terutama masyarakat sebagai pemilik hak suara agar menghindari jebakan politik uang.
“Terkhusus bagi ASN, netralitas dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum adalah hal yang mutlak dan wajib untuk diikuti dan dilaksanakan. Mulai dari proses awal hingga akhir, ASN tidak boleh terlibat dalam kampanye dalam bentuk apapun,” pungkasnya.
Sementara itu Ketua KPU Daerah Kabupaten Sergai Erdian Wijaya, S.Sos setuju dengan ucapan Bupati agar sinergitas antar seluruh pihak terkait diperkuat untuk menjamin keberhasilan proses Pilkada September nanti.
“KPU Sergai bersama jajaran berharap pada komitmen Bapak dan Ibu yang sama-sama sudah dilantik. Kesemuanya itu tentu demi suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nanti,” ujarnya.
Erdian menambahkan jika yang utama adalah kinerja dengan regulasi dan aturan yang ada khususnya yang dikeluarkan oleh Kesekretariatan. “Untuk itu kita akan melakukan persiapan dan kami mohon kepada Bapak dan ibu untuk siap saling mendukung,” tutupnya. MC Sergai Vivi/Ardi
500 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *