Beri Bantuan Sembako, Ketua Gugus Tugas Sergai: “Guru Honorer Berjasa Besar Bahkan di Tengah Keterbatasan”

Perbaungan,

Bantuan yang mampir ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terus dialirkan ke kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Hari ini Rabu (29/04/2020), Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang juga merupakan Ketua Tim Gugus Tugas menyerahkan puluhan paket sembako kepada Guru Honorer Non-Kategori berusia di atas 35 tahun (Non-K2 35+) bertempat di Dusun Mangga Desa Melati II Kecamatan Perbaungan. Adapun paket sembako diserahkan kepada 14 orang guru honorer yang berdomisili di Kecamatan Pantai Cermin, 6 orang di Kecamatan Perbaungan dan 1 orang di Kecamatan Pegajahan.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengungkapkan rasa simpatinya kepada para Guru Honorer yang penuh kisah suka-duka saat menjalankan pengabdian dalam dunia pendidikan. “Jasa besar para guru honorer begitu terasa dampaknya walau mereka menjalankannya dengan kondisi yang tak jarang serba terbatas. Seperti ungkapan ” dari pada kita menangisi kegelapan, pastilah lebih baik menyalakan sebatang lilin”, para Guru Honorer menjalankan tugasnya dengan baik biarpun masih belum bisa dikatakan sejahtera.” Tak lupa ia berpesan agar para guru terkhusus guru honorer tetap berjuang menjaga nyala semangat literasi di dunia pendidikan.

Bupati juga memuji para Guru Honerer yang ia sebut tidak hanya mampu menghasilkan generasi muda berkualitas di masa depan namun guru sebagai seorang pribadi juga memiliki kualitas tersendiri. “Bisa kita lihat, tak sedikit dari pejabat legislatif di Kabupaten ini yang memulai karirnya sebagai seorang guru. Guru adalah profesi yang menuntut kecerdasan, intelektualitas dan integritas. Dan seharusnya kualitas seseorang tidak diukur berdasarkan materi namun dari kemampuannya,” lanjut Bupati lagi.

Soekirman juga menghargai dan memberi dukungan kepada segala upaya yang dilakukan oleh para guru untuk membela dan memperjuangkan haknya. “Saya percaya akhir dari semuanya akan menjadi baik.”

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Drs. Joni Walker, MM, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sergai atas perhatiannya kepada para Guru Honorer yang merupakan salah satu garda terdepan dalam membentuk pondasi generasi bangsa, bahkan di saat bencana seperti saat ini.

“ Para guru termasuk guru honorer terus mendedikasikan hidupnya untuk mendidik generasi bangsa dalam keadaan apapun dan sampai kapanpun. Ada istilah “Long Life Education”, yaitu pendidikan sepanjang hayat. Kita ketahui ada guru di Sei Rampah yang bahkan dalam keadaan sakit keras dan berbaring pun tetap mengajar dengan semangat sampai akhirnya meninggal dunia. Jasa yang tak kenal pamrih tersebut harus kita hargai, salah satunya lewat pemberian bantuan seperti hari ini,” jelasnya.

Murni, perwakilan Guru Honorer Non-K2 35+, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah dirinya dan rekan-rekan seprofesi terima. “Bantuan ini sangat berarti bagi kami di tengah cobaan Covid-19.” Murni juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sergai yang telah menampung aspirasi serta memberikan rekomendasi yang diminta para Guru Honorer untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat dalam rangka memperjuangkan hak-haknya. “Hal ini menjadi awal perjuangan dan langkah baik kami serta membuat kami lebih semangat demi mencapai apa yang menjadi tujuan kami dari awal,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj. Nina Deliana, S.Sos, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Perbaungan H. Jawatner Naibaho, S.Pd, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pantai Cermin Maryam, S.Pd, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pegajahan M. Idris, S.Pd, serta Guru Honorer Non K2 35+ Wilayah Kecamatan Perbaungan, Pegajahan dan Pantai Cermin. MC Sergai/Vivi/Ardi

432 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *