Perssumari Sergai Terima Donasi dari Posko Gugus Tugas

Teluk Mengkudu,

Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) masih aktif mendistribusikan bantuan ke kelompok masyarakat. Kali ini, dipimpin langsung Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas, Posko mendistribusikan bantuan sebanyak 50 paket sembako kepada Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Suku-suku dan Marga-marga se-Indonesia (DPD-Perssumari) Kabupaten Sergai, bertempat di Pokso Bantuan Melawan Covid-19 DPP-Perssumari, Dusun Simpang Roda Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu, Jumat (08/05/2020).

Mengawali sambutannya, Soekirman menyatakan jika Sergai membutuhkan kerja sama dan sinergitas dari seluruh kelompok masyarakat yang ada di Kabupaten ini, termasuk salah satunya dari Perssumari. “Perssumari merupakan organisasi yang mendasarkan prinsipnya pada kearifan lokal dan keunikan yang berasal dari suku serta marga sehingga menciptakan kesahajaan budaya. Salah satu nilai tertinggi yang terkandung dalam konsep marga dan suku adalah sifat menjunjung tinggi kesetiaan atau loyalitas. Kami berharap dari sifat tersebut tercipta semangat kebersamaan dan kesetiakawanan dalam menghadapi tantangan bencana ini,” kata Bupati.

Secara historis, lanjut Bupati, dahulu manusia diciptakan bersuku-suku dan beragam identitas dan itu bukan untuk saling bersiteru, namun agar bisa saling kenal-mengenal, tolong-menolong, dalam bingkai perbedaan.

Soekirman juga berharap, bantuan yang diberikan kepada DPD Perssumari dapat disalurkan kembali kepada mereka yang membutuhkan. Bantuan ini, sebut Soekirman, merupakan donasi yang terkumpul dari berbagai pihak mulai dari individu, organisasi, perusahaan swasta dan lembaga pemerintahan yang tergerak untuk berkontribusi demi masyarakat.

“Saat ini kami juga sedang menggodok dan akan segera menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari Dana Desa. Bantuan PKH juga diberikan bagi keluarga yang benar-benar membutuhkan lewat Dinas Sosial dan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kami berharap agar kita tidak melihat bantuan ini berdasarkan nilai dan banyaknya, namun dari niat sungguh-sunguh dan ketulusan untuk meringankan beban masyarakat.”

Tak lupa, Soekirman mengajak anggota dan pengurus DPD-Perssumari sama-sama berdoa dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk mempertahankan status Kabupaten Sergai yang sampai saat ini masih bebas dari kasus positif Covid-19.

“Hanya dengan kesungguhan dan soliditas, tantangan bencana nasional ini bisa kita lalui dengan baik,” pungkasnya.

Ketua Perssumari, Sabirin, yang menerima langsung pemberian donasi mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan uluran tangan Pemkab lewat Tim Gugus Tugas serta para donatur yang mau berbagi, “Terima kasih kepada para Donatur, kepada Tim Gugus Tugas dan Kepada Bapak Bupati selaku Ketua Tim Gugus Tugas, yang telah menyempatkan diri hadir ke tempat ini. Seluruh arahan dan imbauan, terutama komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan, yang disampaikan oleh Ketua Tim Gugus Tugas akan berusaha kami terapkan dalam aktivitas sehari-hari,” kata Sabirin.

Ikut menghadiri kegiatan ini Kadis Pora Parbud Kabupaten Sergai Sudarno, S.Sos, Camat Teluk Mengkudu Romian P. Siagian, S.STP, M.Si, Kades Sei Buluh Subandi, serta jajaran pengurus dan anggota DPP-Perssumari Sergai. MC Sergai/Vivi/Ardi

486 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *