Pemkab Sergai Matangkan Persiapan Penyaluran BLT Dana Desa

Sei Rampah,

Setelah program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam tahap penyaluran oleh Pemkab Sergai, hari ini kembali dilakukan pematangan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersal dari Dana Desa. Proses pematangan ini dilaksanakan dalam rapat yang dipimpin Bupati Sergai Ir. H. Soekirman diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai, H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, di Ruang Rapat Sekdakab, Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (18/05/2020).

Melihat isu negatif yang berkembang di daerah lain pasca distribusi BLT, Sekdakab meminta segenap pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan nanti tidak hanya bekerja secara cepat, namun juga tepat. “Niat baik jangan sampai menjadi bumerang dan malah berdampak negatif buat kita. Kejadian di daerah lain agar kita jadikan referensi untuk bertindak secara cepat dan tepat,” katanya.

Faisal menyebut jika Bupati sudah mengingatkan kepada para Kepala Desa agar tidak macam-macam dengan dana BLT dari Dana Desa. “Bantuan ini merupakan hak masyarakat yang membutuhkan dan kita harus benar-benar menjaga, benar-benar mengawal prosesnya agar berlangsung secara baik. Kita harus memastikan jika data yang penerima bantuan merupakan masyarakat yang layak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan ada sepeser pun bantuan yang dipotong. Jika perlu dokumentasikan setiap prosesnya,” sebutnya lagi.

Kepada para Camat, Faisal meminta agar dapat menjalankan fungsi kontrol terhadap data penerima bantuan lewat koordinasi dengan Kepala Desa. “Pastikan apakah kondisi keluarga yang terdata memang layak dan pantas mendapat bantuan atau tidak, agar selanjutnya jika diperlukan akan menjadi referensi perbaikan data.”

Tugas ini, sebut Sekdakab, merupakan amanah besar yang mesti dilaksanakan sebaik-baiknya, terutama dalam segi implementasi yang tepat waktu. “Sesuai instruksi Bapak Presiden Joko Widodo, dana BLT ini harus sudah disalurkan sebelum tanggal 24 Mei atau sebelum Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan agar bantuan ini dapat diberikan secara tepat sasaran dan sesegera pula disalurkan. Mari kita jaga amanah besar ini dengan baik,” pungkasnya.

Dalam rapat ini hadir pula Kadis PMD H. Ikhsan, AP, MAP, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, serta Camat se-Kabupaten Sergai. (MC/Sergai/Ardi)

1.246 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *