Monitoring dan Evaluasi Bantuan di Daerah, Bupati Sergai: “Kesehatan Masyarakat jadi Prioritas Utama”  

Sei Bamban,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sergai melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) dan Bantuan Jaring Pengaman Sosial lainnya, bertempat di Balai Karyawan Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Rabu (10/06/2020).

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan rasa terima kasih kepada personil TNI dan Polri atas bantuan dan kinerja baik yang telah dilakukan hingga proses distribusi bantuan dapat berjalan lancar.

“Bahkan hasil evaluasi dari pihak provinsi, Kabupaten Sergai menjadi role model untuk seluruh Sumut karena dapat menyelesaikan penyaluran bantuan tepat waktu dan tepat sasaran. Prosesnya juga berjalan nyaris tanpa gejolak,” kata Bupati.

Kebijakan bantuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, sebut Bupati, sebisa mungkin menampung seluruh masyarakat pra-sejahtera maupun yang terdampak Covid-19.

Bupati melanjutkan, kegiatan hari ini juga bertujuan untuk menyatukan persepsi dan definisi. “Hal ini penting agar kedepan kita bisa memiliki pernyataan dan jawaban seragam mulai dari tingkatan Bupati, Forkopimda sampai kepada Camat dan Kades hingga Lurah,” katanya.

Terkait kebijakan “new normal”, Bupati menyebut agar masyarakat jangan keliru mengartikan penerapannya. “Normal baru atau new normal jangan diartikan jika kita sudah benar-benar bebas dari Corona, padahal pertambahan kasus positif Covid-19 di Sergai masih terjadi, bahkan kita sudah masuk ke dalam zona merah. New normal mengakomodasi kembalinya aktivitas perekonomian namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan jika kesehatan adalah prioritas utama di atas aspek lainnya. “Kita jangan main-main dengan kesehatan masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh para ahli kesehatan, tidak ada politik jika masyarakatnya tidak sehat. Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan nanti juga ditentukan oleh situasi kesehatan masyarakat. Aspek ekonomi juga harus diperhatikan, namun memperbaiki kondisi perekonomian pun wajib dibarengi dengan jaminan kesehatan,” kata Bupati lagi.

Gelaran Pilkada yang sebentar lagi diadakan diharapkan Bupati bisa berjalan dengan tetap menjaga kondusifitas daerah. “ASN diminta bersikap netral sebagai abdi negara. Kepala Desa dan perangkatnya juga diharapkan bisa menjadi pendingin suasana agar masyarakat tidak terpengaruh provokasi pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebab di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini tidak ada pembusukan, yang ada hanya persaudaraan,” imbaunya.

Tak lupa Bupati mengapresiasi kinerja masing-masing daerah dalam melaksanakan penyaluran bantuan yang dibuktikan dengan kelengkapan data. “Hari ini saya mengapresiasi kinerja distribusi bantuan, terbukti dengan adanya data berbagai program bantuan yang sudah terdokumentasi dengan baik.”

Terakhir, Bupati mengajak para pemuka agama, baik Ustadz, Pendeta dan Guru-guru Agama agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya kerja sama dalam menghadapi tantangan pandemi ini. “Hanya dengan kerja sama dan sinergitas kita bisa menyelesaikan ujian ini dengan baik,” pungkas Bupati.

Sebelumnnya dalam kegiatan ini juga dilaksanakan paparan oleh Camat Tanjung Beringin, Sei Rampah dan Sei Bamban yang menjelaskan capaian target bantuan sosial di masing masing daerah.

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Kapolres Sergai, mewakili Dandim 0204/DS, mewakili Kajari Sergai, para Kepala OPD, Camat Sei Bamban, Camat Tanjung Beringin, Camat Sei Rampah dan para Kepala Desa.(MC/Sergai/Nurul/Ardi)

304 Views

1 thought on “Monitoring dan Evaluasi Bantuan di Daerah, Bupati Sergai: “Kesehatan Masyarakat jadi Prioritas Utama”  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *