Bupati Soekirman Ingatkan Perangkat Desa Utamakan Kepentingan Masyarakat

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melantik Penjabat (Pj.) Kepala Desa Lubuk Cemara Karimuddin, S.Pd, Kamis (02/07/2020) bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Bupati menyampaikan beberapa pesan penting atas terpilihnya Karimuddin menggantikan Kepala Desa sebelumnya Nanang Wahyudi, S.Pd yang meninggal dunia pada 7 Mei lalu.

“Atas nama Pemkab Sergai saya menyampaikan ucapan selamat kepada Sdr. Karimuddin, S.Pd yang mulai hari ini resmi menjadi Penjabat Kepala Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan. Saya berharap agar saudara selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat Desa Lubuk Cemara. Kinerja saudara juga akan senantiasa diawasi oleh Pemerintah, atasan dan para stakeholder yang ada didesa, kelalaian dan kesalahan akan dikenai sanksi mulai dari teguran sampai dengan pemberhentian,” sebut Soekirman.

Soekirman kemudian menambahkan jika Kades adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, oleh karenanya Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

“Tugas yang cukup berat diemban oleh Kades mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat. Untuk itu saya mengajak kita sekalian untuk dapat mendukung dan membantu Pj Kades tersebut dalam melaksanakan tugasnya serta bersama-sama menggali potensi yang ada untuk membangun desa menjadi lebih baik dan maju kedepannya,” katanya.

Pada kesempatan ini Bupati juga menyampaikan bahwa Desa Lubuk Cemara akan dicanangkan sebagai Desa Budaya Banjar, sehingga ia meminta kepada Pj. kepala Desa untuk melakukan koordinasi dengan OPD terkait guna suksesnya pencanangan kampung Banjar tersebut.

“Hal ini terkait undangan kita kepada Walikota Banjarmasin yang juga bersama saya menjadi salah satu Kepala Daerah Penerima Anugerah Kebudayaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 oleh Presiden Joko Widodo. Saya minta agar segera digali semua hal tentang Suku Banjar mulai makanan, adat, kebiasaan, budaya, sebanyak mungkin digali dan direvitalisasi sehingga dapat menunjukkan kita sebagai Tanah Bertuah Negeri Beradat dimana semua suku mendapatkan tempat yang sama dalam komponen Bhineka Tunggal Ika,” sebutnya.

Desa Budaya Banjar ini nantinya, lanjut Bupati, akan melengkapi desa-desa budaya yang telah ada dan dicanangkan di Sergai sebelumnya yaitu Desa Budaya Jawa dan Desa Budaya Melayu dan akan segera menyusul pencanangan Desa Budaya Batak, Desa Budaya Minang, serta desa budaya lainnya.

Menjelang gelaran Pilkada tahun ini, Bupati kembali mengingatkan perihal netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa.

“Mari kita jaga kekondusifan daerah dengan tetap bersatu padu, tidak mudah terprovokasi, Kades dan perangkat desa menjadi penyejuk suasana dan tidak ikut-ikutan dalam politik praktis sebagai bentuk berjalan dengan baiknya demokrasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” pungkas Bupati.

Pelantikan Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan berdasarkan SK Bupati Sergai Nomor: 320/18.18/Tahun 2020 Tanggal 16 Juni 2020 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai.

Turut hadir dalam acara ini para Asisten, Staf Ahli, Kadis PMD H. Ikhsan, AP, M.AP, Camat Perbaungan Drs. Benny Saragih, MM, Muspika, Perangkat Desa, serta para undangan. MC Sergai/vivi/ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *