Tangkis Hama Wereng, Sergai Gelar Aksi “Gerdal”

Pegajahan,

Sebagai salah satu lumbung padi bagi Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tentu berusaha menjaga produksi pertanian lokal, salah satunya dari potensi ancaman hama. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sergai Radianto, SP, M.MA, dalam keterangannya saat ditemui di kantor Dinas Pertanian Sergai, di Sei Rampah, Jumat (03/07/2020).

Radianto menyebut saat ini Dinas Pertanian Sergai bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut menjalankan program Gerakan Pengendalian (Gerdal) Hama Wereng. “Pada hari Senin lalu (29/06), kami bersama Kepala Dinas TPH Sumut, Bapak Dahler Lubis, melaksanakan program Gerdal pada areal pertanian seluas 365 Ha milik Kelompok Tani Suka Maju, Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan. Gerdal ini merupakan aksi pencegahan dan penanganan terhadap ancaman wabah wereng,” jelasnya.

Antisipasi ini, sebut Radianto, merupakan respons terhadap hasil pengamatan yang dilakukan secara intensif oleh Petugas Pengamat Hama Penyakit (PHP) yaitu mulai tanggal 1 sampai 15 dan tanggal 16 sampai akhir bulan. Ia menambahkan, wereng memang masih menjadi hama nomor satu di wilayah binaannya. Hal ini terjadi disebabkan beberapa faktor seperti tidak serentaknya pertanaman, menggunakan varietas padi yang rentan hama penyakit, penggunaan pestisida yang tidak tepat dosis.

“ Dari hasil pengamatan Petugas PHP, didapati jika ada 9 kecamatan yang areal pertanian padinya terserang hama wereng. Kunci utama pengendalian adalah pengamatan lapangan, petani harus rajin mengamati pertanamannya dan melaporkan kepada petugas jika terjadi serangan hama sehingga cepat bisa diatasi seperti yang terjadi saat ini,” jelasnya.

“ Petani butuh gerak cepat dalam menyelamatkan pertanamannya agar terhindar dari gagal panen akibat serangan hama dan penyakit,” sebutnya. Apalagi, kata Redianto, Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung padi di Sumut dengan areal pertanaman padi seluas 28.600 hektare.

Untuk menjamin keberhasil program Gerdal, kegiatan penyemprotan juga sudah dilakukan kemarin pada Rabu (01/07/2020) di areal pertanaman padi milik Poktan Suka Maju, Desa Bingkat.

“ Kami berharap Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura bisa memprioritaskan bantuan kepada para petani Sergai, baik benih, saprodi (sarana produksi pertanian) maupun alat mesin pertanian,” ujarnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *