Audit Dana Covid-19, Tim BPK RI Perwakilan Sumut Kunjungi Pemkab Sergai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman diwakili Sekdakab H.M Faisal Hasrimy, AP, M.AP menerima kunjungan Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (22/9/2020).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan pendahuluan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 di Pemkab Sergai.

Hadir dalam kunjungan, Ketua Tim pemeriksaan pendahuluan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19, Masnur Esther Siahaan beserta anggota, Inspektur Sergai H. Gustian, SE, MM, Ak, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kepala BPBD Henry Suharto, SH, perwakilan dari Dinas Sosial, beberapa perwakilan Kades dan masyarakat penerima bantuan.

Mengawali sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy AP, MAP mengucapkan terimakasih kepada jajaran BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut yang akan melakukan pemeriksaan pendahuluan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 pada Pemprov Sumut yang menjadikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat menjadi sampel untuk dilakukan pemeriksaan.

“ Kami berharap dengan kedatangan Tim BPK RI ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan bimbingan pada kami agar dapat menyalurkan dan mempertanggungjawabkan bantuan yang kami salurkan kepada masyarakat Sergai,” ungkapnya.

Sehubungan dengan pemeriksaan pendahuluan yang akan dilakukan Tim BPK, Sekda Faisal meminta OPD terkait yang menangani Covid-19 agar memberikan data yang sebenarnya untuk mempermudah Tim dalam melakukan pemeriksaan.

Masnur Esther Siahaan, selaku Ketua Tim  pemeriksaan pendahuluan atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam penanganan Pandemi Covid-19 menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan tugas pemeriksaan yang meliputi ke-33 kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah Provinsi Sumut dan mengambil sampel ke beberapa daerah yang telah menerima bantuan dari Provinsi Sumut.

“ Kabupaten Sergai salah satu daerah di Sumut yang menerima bantuan berupa uang tunai dan Sergai juga melakukan pengadaan sembako kemudian diserahkan kepada warga yang terdaftar menerima bantuan,” terangnya.

Ketua Tim Masnur Esther Siahaan menambahkan, bahwa pihaknya juga akan melakukan pengecekan dan konfirmasi kepada perwakilan masyarakat yang hadir di tempat ini selaku penerima bantuan. Hal ini adalah prosedur yang harus kami lakukan dan kami yakin bahwa bantuan ini telah tersalurkan dengan baik, ungkapnya.

Dijelaskan juga Ketua Tim, di provinsi hanya mempunyai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang digunakan untuk menentukan kuota siapa yang berhak menerima bantuan, namun nama dari penerima ada di Kabupaten Sergai. “ Oleh karenanya, kami mohonkan kepada bapak/ibu penerima bantuan dapat memberikan pernyataan yang sebenarnya agar memudahkan kami dalam melakukan pemeriksaan dan memberikan penilaian,” pungkasnya.(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *