Sergai Siap Jadi Contoh Pilkada Damai dan Aman Covid-19

Pantai Cermin,
Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi lokasi Simulasi Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi Sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) di Aula Objek Wisata Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Minggu (18/10/2020).
Hadir dalam kegiatan, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemum dan Kesra) Hj. Nina Deliana, M.Si, Plh. Ketua KPU RI Ilham Sahputra, Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting, Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, S.Sos, M.SP, Forkopimda, Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Agusli Matondang, serta para undangan.
Plh. Ketua KPU Pusat, Ilham Sahputra mengucapkan terima kasih kepada KPU Sumut dan KPU Sergai serta Pemkab Sergai yang telah membantu dengan melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan si rekap dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020. Karena ini memang ikhtiar kami agar kemudian penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi Covid-19 mampu dijalankan dan dipercaya masyarakat untuk pelaksanaan di TPS.
” Kita harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa pemungutan suara di TPS itu dalam keadaan aman dan kita pastikan itu juga melalui sosialisasi yang dilaksanakan ini diharapkan, agar masyarakat datang secara berkala dan waktu yang ditentukan. Kemudian filosofi untuk mengadakan pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan itu juga harus di diketahui oleh masyarakat,” katanya.
Ilham Sahputra mengingatkan seluruh KPUD Kabupaten/Kota se-Sumut untuk bekerja dengan penuh integritas dan profesionalitas serta jalankan apa yang telah ditetapkan oleh surat edaran KPU RI. Ikuti prosedur dan akurat dan aturan yang berlaku untuk menunjukkan profesionalisme kita. ” Mari bekerja dengan profesional serta mengikuti ketentuan yang berlaku, kita bisa terhindar dari aspek pelanggaran hukum serta konflik sosial dengan menjalankan amanah yang dipercayakan kepada KPU,” tukasnya.
Ilham menyebut bahwa pihaknya tidak akan dapat bekerja maksimal tanpa dukungan dari semua pihak agar sama-sama kita menyelesaikan serta melanjutkan agenda nasional yaitu Pilkada Serentak tahun 2020 agar berjalan dengan sukses dan lancar. Dengan kegiatan hari ini kita berharap proses pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar serta aman dari Covid-19 sesuai apa yang kita inginkan bersama.
Sedangkan Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin, S.Sos, M.SP, menyampaikan bahwa hari ini akan melakukan simulasi seperti yang telah dilaksanakan di Medan. Simulasi ini sangat penting dan berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya karena saat ini harus mentaati protokol kesehatan Covid-19 dan harus memastikan bahwa di seluruh TPS nantinya menerapkan protokol penanganan Covid-19.
” Simulasi ini adalah untuk memastikan bahwa kita semua sudah  melaksanakan hal itu dengan baik. Simulasi ini penting agar dapat memastikan seluruh KPPS ramah terhadap handphone Android dan mampu melaksanakan e-Rekap. Semoga pelaksanaan Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan sehat yaitu berjalan bebas Covid-19 dan sehat serta mentaati prinsip-prinsip demokrasi,” harapnya.
Sementara itu Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya mengungkapkan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara merupakan kebanggaan untuk menyukseskan Pilkada tahun 2020. Dengan adanya petunjuk dari KPU RI serta KPU Provinsi ini menjadi ilmu pengetahuan bagi kami dalam menghadapi tahapan Pilkada serentak nantinya.
Untuk kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Sergai dari hasil pendataan saat ini jumlah DPT sebanyak 458.028 jiwa tersebar di 243 desa dan 17 Kecamatan. Pilkada Tahun 2020 Kabupaten Sergai diikuti oleh dua pasang calon. Kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak baik KPU RI, KPU Provinsi pemerintahan daerah, TNI-Polri serta masyarakat untuk menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sergai yang kita cintai ini, kata Erdian.
Terakhir, sambutan disampaikan Asisten Pemum dan Kesra Hj. Nina Deliana, M.Si, mengungkapkan atas nama Pemkab Sergai sangat memberikan apresiasi kepada KPU khususnya KPU Pusat yang telah memilih Kabupaten Sergai di antara 23 Kabupaten/Kota se-Sumut yang melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2020. Apresiasi ini kami berikan agar kegiatan ini nanti dapat kita laksanakan sebagaimana yang diharapkan oleh KPU karena kita ketahui bahwa pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu sebelumnya.
Seperti kita ketahui bahwa KPU yang ada di Sumut telah banyak mendapatkan pelatihan atau Bimtek, akan tapi inilah yang pertama yaitu pelaksanaan Pilkada dalam suasana pandemi Covid-19 ini. Tentunya simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap ini tidak hanya bagus di dalam simulasi, namun kita berharap hal ini akan terlaksana sesuai dengan yang disimulasikan agar pada pelaksanaan hari H nanti dapat berjalan lancar dan sukses, jelas Nina Deliana.
Dijelaskan lebih lanjut oleh Nina, bahwa semua ini merupakan buah kerja keras dari KPU Kabupaten/Kota serta KPU Pusat yang telah mempersiapkan dan memfasilitasi pelaksanaan simulasi, tinggal kemudian penerapan aplikasi Sirekap dari KPU Kabupaten/Kota. Pelaksanaan simulasi ini menjadi bentuk kesiapan Kabupaten Sergai dalam melaksanakan Pilkada yang Damai dan Aman dari Covid-19 dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam rangka suksesnya pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 nanti.
” Kita berharap Pilkada Serentak tahun 2020 ini menghasilkan pemimpin-pemimpin yang terbaik, amanah dan pilihan masyarakat. Saya juga pesan dan ingatkan kepada penyelenggara pemilu dan seluruh pihak agar kita semua bekerja secara profesional serta berharap semua pihak tetap dalam aturan yang telah ditentukan,” pesan Nina. (MC/Sergai/Nurul/Rini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *