Pjs Bupati Sergai Irup Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Tahun 2020

Sei Rampah,

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si menjadi Inspektur Upacara (Irup) Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Tahun 2020 di Halaman Mapolres Sergai, Senin pagi (9/11/2020).

Hadir dalam kegiatan, Forkopimda Plus, Asisten, Kepala OPD, Camat, unsur TNI/Polri, Satpol-PP, BPBD, ASN, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta para undangan. Bertindak sebagai Perwira Apel Kompol T. Manurung, dan Komandan Apel AKP Candra Tua Situmorang.

Dalam amanatnya, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si menyebut bahwa menurut UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, terdapat 3 dimensi waktu terkait bencana alam yaitu yang pertama, masa sebelum terjadi bencana alam yang selalu disebut dengan siaga bencana saat ini hampir selalu secara serentak terjadi di seluruh tanah air termasuk di Kabupaten.

“ Sebagaimana diketahui pada umumnya menjelang akhir tahun volume curah hujan akan terus meningkat yang tentunya berpotensi terjadinya berbagai bencana antara lain banjir angin puting beliung yang dapat mengganggu dan membahayakan aktivitas kehidupan masyarakat dan makhluk hidup lainnya,” terangnya.

Irman menambahkan, bencana alam tidak dapat dihentikan, namun pengurangan risiko bencana dapat dilakukan dengan berbagai upaya dan langkah-langkah salah satunya adalah dengan kegiatan gotong royong dan pembersihan lingkungan. Dimensi kedua yaitu terjadinya bencana yang disebut dengan darurat bencana. Pada tahapan ini semua pihak diharapkan berperan aktif dan tangguh saling bahu-membahu antara pemerintah, dunia usaha dan seluruh masyarakat.

Informasi dari BMKG, tambah Irman, sejak Januari sampai akhir Oktober 2020 telah terjadi lebih dari 2.000 bencana alam di tanah air termasuk di daerah kita ini. Data yang ada di BPBD sendiri, telah terjadi 17 bencana alam puting beliung yang puncaknya terjadi pada bulan Mei beberapa waktu yang lalu, kemudian juga adanya bencana banjir pada beberapa tempat, beber Irman.

Kemudian dimensi ketiga yaitu pasca bencana atau setelah bencana alam. Pada tahap inilah dilakukan pemulihan terhadap korban bencana alam. Saat ini di dunia termasuk di Indonesia, tambah Irman, kita sedang mengalami bencana non alam yaitu pandemi Covid-19. Oleh karenanya tentu kita semua berharap Covid-19 ini dapat segera berakhir dan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat walaupun kondisinya masih membaik, namun perlu perhatian dan kesungguhan dari kita semua.

“ Mari tetap berkomitmen untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan di tempat air yang mengalir. Komitmen yang kita laksanakan pada hari ini adalah bagian dari komitmen kebersamaan seluruh jajaran yang ada di Pemkab Sergai bersama unsur Polri, TNI serta unsur terkait lainnya. Pada hari ini kita beserta tokoh pemuda serta didukung oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama berkomitmen tegas untuk benar-benar menjaga kondisi lingkungan yang baik agar meminimalisir dampak-dampak bencana yang kita hadapi di daerah yang kita cintai ini. Semoga dengan upaya sinergitas serta doa kita semua maka bencana dapat kita hindari,” pungkas Pjs. Bupati(Mc/Sergai/Nurul/Rini)

359 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *