Sampaikan Pandangan Umum, Fraksi DPRD Apresiasi dan Beri Masukan Kepada Pemkab Sergai

Sei Rampah,

Penjabat sementara (Pjs). Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si diwakili Sekdakab H. M Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai yang beragendakan Pandangan Fraksi-Fraksi terhadap Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Tahun Anggaran 2021 serta dua (2) Ranperda Tahun 2020, yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Sergai di Sei Rampah, Kamis (12/11/2020).

Dalam rapat kali ini ini, 8 (delapan) fraksi di DPRD Kabupaten Sergai masing-masing menyampaikan pandangannya menanggapi nota pengantar yang satu hari sebelumnya disampaikan oleh pihak pemerintah.

Pada kesempatan pertama menyampaikan pandangan umum partainya, M. Ilham Ritonga dari partai Gerindra mengucapkan apresiasi kepada Pemkab Sergai atas rancangan pembahasan yang disampaikan sebagai bentuk pelaksanaan pembangunan sebaik-baiknya bagi masyarakat terutama kenaikan PAD secara signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kami meminta kepada Pemkab Sergai untuk mengoptimalkan pelayanan publik di setiap kecamatan dan OPD yang berguna langsung dengan pelayanan dan kepentingan publik. Selain itu agar mengoptimalisasikan belanja daerah terutama untuk pelaku UMKM, meningkatkan pelayanan kepada petani, serta pelayanan kesehatan masyarakat melalui puskesmas-puskesmas,” katanya.

M. Ilham Ritonga juga menyebut pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, jalan usaha tani harus menjadi prioritas guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sergai. Menyikapi pandemi Covid-19, dirinya juga, meminta kepada Pemkab Sergai untuk mengambil langkah konkrit agar dapat kembali mengadakan sekolah tatap muka karena pembelajaran daring dianggap tidak maksimal.

“Selain itu kepada OPD terkait untuk meningkatkan PAD, memperhatikan kesejahteraan tenaga kontrak dan guru honorer dengan menaikkan gaji sesuai UMK yang berlaku. Selanjutnya Fraksi Partai Gerindra mendukung disahkannya Ranperda Pemilihan Kepala Desa dan Pengisian BPD serta penyampaian Ranperda Pajak Daerah yang disampaikan oleh Pjs Bupati Sergai sehari sebelumnya,” tutupnya.

Selanjutnya M. Nasir Damanik dari Fraksi Nasdem menyampaikan jika pada prinsipnya pihaknya mendukung dan menyetujui tentang Ranperda yang diusulkan oleh Pemkab Sergai.

“Hal demikian karena Fraksi Nasdem menekankan bahwa penyampaian dan pengalokasian anggaran pembangunan dan kemasyarakatan harus berbanding lurus dengan pencapaian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sergai,” cetus M. Nasir.

Kemudian Partai Golkar lewat Longway Pakpahan, SH menyampaikan apresiasi bahwa PAD mengalami kenaikan yang signifikan di luar dana DAK dan Dana BOS dan hal ini patut dinilai positif sebagai bentuk upaya pemulihan perekonomian dari Pemkab Sergai dan agar capaian tersebut terus ditingkatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga meminta kepada Pemkab Sergai untuk melakukan inventarisasi terhadap aset daerah mengingat masih terdapat aset yang belum terdata. Selanjutnya agar semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, memperhatikan kesejahteraan petani, nelayan, juga menaikkan gaji tenaga kontrak, guru PAUD/MDA dan guru honorer yang ada di Kabupaten Sergai sesuai dengan UMK,” tuturnya.

Kemudian dalam pandangan umum Fraksi PDI-P yang disampaikan oleh Mangudut Hasugian, SE, disebutkan bahwa PDI-P mengapresiasi capaian peningkatan PAD oleh Pemkab Sergai. “Fraksi kami juga menyambut baik nota pengantar yang disampaikan Pjs. Bupati Sergai dan diharapkan semakin terjalin sinergi yang baik antara Pemkab Sergai bersama, agar pembangunan dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sergai ini. Diminta Pemkab Sergai untuk memaksimalkan pasar rakyat, memberikan stimulus kepada pelaku UMKM, menstabilkan harga di saat terjadi resesi, serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat terus ditingkatkan. Seperti pelayanan RS Sultan Sulaiman, Puskesmas, infrastruktur pendidikan, tenaga kontrak, guru honorer dan lainnya yang menyentuh harkat masyarakat luas,” harapnya.

Fraksi Partai Hanura yang diwakili Hotnauli Sinurat, SE menyampaikan partainya mengapresiasi kenaikan PAD yang dicapai Pemkab Sergai dari tahun sebelumnya. Dirinya juga berharap agar Pemkab Sergai terus melakukan optimalisasi anggaran serta memaksimalkan penggunaan anggaran pembangunan terlebih yang menyangkut dan bersentuhan langsung kepada masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, pertanian, kelautan, serta tenaga kontrak, guru honorer dan pelaku UMKM. Selanjutnya, Pemkab Sergai juga diminta untuk menggunakan kebijakan anggaran belanja yang tepat sasaran agar pencapaian prioritas pembangunan Kabupaten Sergai dapat segera terwujud dengan berbasis kebutuhan.

“Kemudian agar program OPD dapat terintegrasi guna memaksimalkan anggaran yang ada. Terkait pelayanan kesehatan, pada tahun anggaran yang akan datang Pemkab Sergai dapat menempatkan tenaga kesehatan di Pustu Pembantu yang selama ini kurang berfungsi dengan baik. Pada sektor pariwisata, diminta Pemkab Sergai dapat mendorong pembangunan pariwisata didaerah pesisir pantai agar lebih baik dan lebih banyak menarik wisatawan guna meningkatkan PAD dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” kata Hotnauli.

Setelah itu pada kesempatannya, Fraksi PAN lewat Darmalina Saragih, juga mengapresiasi dan meminta Pemkab Sergai untuk lebih fokus dalam peningkatan PAD melalui pajak dan sumber lainnya.

“Juga diharapkan peningkatan pelayann kesehatan, pendidikan, kemasyarakatan, serta UMKM yang ada di Kabupaten Sergai agar lebih baik lagi. Selanjutnya meminta Pemkab Sergai agar lebih memperhatikan kesejahteraan tenaga kontrak, guru honorer dengan menyesuaikan gaji dengan UMK. Kemudian agar lebih meningkatkan pelayanan publik dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Pada pandangan umumnya yang disampaikan oleh Khaidir, SE, Fraksi PAN menyoroti peningkatan infrastruktur jalan, jembatan, normalisasi saluran irigasi yang hendaknya terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Fraksi PAN juga menekankan agar peningkatan PAD melalui pariwisata ditingkatkan dengan upaya yang relevan dengan situasi yang ada.

“Selain itu kami mendukung peningkatan kesejahteraan tenaga kontrak dan guru honorer, serta peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kami mengapresiasi Pemkab Sergai yang berkeinginan membuat payung hukum terhadap proses pemilihan kepala desa yang dapat menjadi regulasi bagi pelaksana Pemilihan Kepala Desa. Selanjutnya pengisian BPD dipandang tepat karena masih banyak anggota BPD yang masih belum memahami tugas pokok dan fungsi. Terkait ranperda tentang pajak daerah, kami mengapresiasi dengan dasar bahwa Perda yang lama sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini sehingga target PAD melalui pajak dapat tercapai pada tahun-tahun berikutnya,” sebut Khaidir.

Terakhir Fraksi PPP yang diwakili oleh Hari Ananda, S.Pd, M.SP, menyampaikan sambutan positif dan mengapresiasi upaya Pemkab Sergai dalam meningkatkan PAD tahun ini.

“Diharapkan Pemkab Sergai dapat terus meningkatkan pelayanan terutama pelayanan dasar kepada masyarakat, memperhatikan kesejahteraan tenaga kontrak, guru honorer, serta UMKM di Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Wakil Ketua DPRD Merlin Barus sebagai pemimpin rapat paripurna, anggota Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sergai, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD. MC Sergai Vivi/Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *