Pemkab Sergai Berikan Jawaban dan Keterangan Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi DPRD

Sei Rampah,

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si diwakili Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, M.AP menghadiri acara Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sergai terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD TA 2021, di Gedung DPRD Sei Rampah, Kamis (12/11/2020).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sergai Merlin Barus dan dihadiri para anggota DPRD dan Asisten di jajaran Pemkab Sergai. Selain membahas tentang Ranperda tentang APBD TA 2021, rapat tersebut juga mengagendakan tentang Ranperda Pemilihan Kepala Desa dan Pengisian BPD, dan Ranperda tentang Pajak Daerah.

Dalam sambutan Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si yang dibacakan oleh Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP menyampaikan bahwa sebagaimana telah disampaikan pada nota keuangan Ranperda tentang APBD TA 2021, dalam penyusunan Ranperda ini Pemkab Sergai berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah serta Permendagri Nomor 64 tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2021.

“ Kami akan memberikan jawaban dan keterangan atas pertanyaan, saran dan masukan dari fraksi-fraksi dewan yang terhormat, khususnya yang berkaitan erat dengan rapat paripurna ini, yang membahas Ranperda tentang APBD TA 2021, Ranperda tentang pemilihan Kades dan pengisian BPD, dan Ranperda tentang Pajak Daerah,” kata Faisal.

Adapun jawaban pemerintah terhadap pandangan umum dari Fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Ilham Ritonga, SE, menyebutkan diantaranya terkait pengoptimalan pelayanan publik disetiap kecamatan seluruh Kabupaten Sergai dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengoptimalisasian belanja daerah untuk merangsang dan membantu modal para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Sergai.

Sedangkan Fraksi Partai Nasdem dengan juru bicara Nasir Damanik, Pemkab Sergai sependapat atas saran dan masukkannya mengoptimalkan potensi unggulan daerah yang dapat menyumbangkan angka dalam PAD dari sektor perdagangan, pertanian, perikanan dan pariwisata maupun sektor-sektor unggulan lainnya yang memungkinkan untuk dikembangkan menjadi sumber PAD yang merupakan inovasi dari sumber-sumber pendapatan sebelumnya.

Sekdakab Sergai meneruskan, sehubungan dengan Fraksi Partai Golongan Karya yang disampaikan oleh Longway Maospin Pakpahan, SH, Pemkab Sergai mengucapkan terimakasih kepada partai tersebut dan memberikan apresiasi terhadap kebijakan pengelolaan keuangan Kabupaten Sergai TA 2021. Selain itu Pemkab Sergai juga akan meningkatkan PAD, melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah.

Pemkab Sergai juga sependapat terhadap saran Fraksi PDI Perjuangan yang Mangudut Hasugian, SE, tentang peningkatan fasilitas perekonomian secara berkesinambungan dan peningkatan pelayanan publik.

Begitupun dengan Fraksi Hanura yang disampaikan oleh Juru Bicara Hotnauli Sinurat,iSE bahwa Pemkab Sergai dalam proses penyusunan APBD dimulai dari proses perencanaan dengan melakukan evaluasi terhadap pencapaian kinerja tahun sebelumnya. proses perencanaan dan penganggaran juga telah menggunakan prinsip berbasis kinerja sebagaimana termaktub dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait alokasi DAK dan dana BOS belum dimasukkan ke dalam aplikasi SIPD dikarenakan akun pendapatan dan akun belanja untuk dana dak tersebut belum tersedia dalam aplikasi SIPD. Dalam hal ini kami akan berkoordinasi ke Kemendagri, kata Faisal.

Sedangkan Fraksi PAN yang disampaikan Darmalina Saragih terkait dengan keterlambatan penyampaian RAPBD TA 2021 ke DPRD, dapat dijelaskan hal ini dikarenakan adanya perubahan peraturan tentang pengelolaan keuangan daerah (PP 12 tahun 2019) beserta turunannya yang terus mengalami pemutakhiran dan masih dalam tahap penyempurnaan aplikasi SIPD serta masih dibutuhkan peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan di tingkat OPD.

Kemudian dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang disampaikan oleh Khaidir,SE, terkait dengan pupuk bersubsidi akan dikoordinasikan dengan distributor yang ada di Kabupaten Sergai.

Senada dengan fraksi yang lain, fraksi Demokrat Pembangunan Sejahtera, yang disampaikan oleh juru bicaranya, Hj. Susilawati, SH, Pemkab Sergai sependapat terkait dalam pengalokasian anggaran, dan selalu berupaya untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi guna mengantisipasi tumpang tindih pada program dan kegiatan yang sudah tertuang dalam APBD, jelas Faisal.

Sekdakab Sergai mengemukakan, apabila terdapat saran, pendapat dan pertanyaan maupun masukkan yang belum dapat dijelaskan. “ Hal tersebut bukanlah disengaja dan apabila masih perlu penjelasan lebih lanjut akan kami sampaikan melalui rapat-rapat formal lainnya sebagaimana yang diatur dalam tata tertib DPRD Kabupaten Sergai,” pungkas Faisal. MC Sergai Vivi/Rini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *