Peringati HKN ke-56, Pemkab Sergai Bagikan Masker Kepada ASN dan Masyarakat

Sei Rampah,

Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-56, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Apel Peringatan HKN ke-56 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Sergai, bertempat di Halaman Apel Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (16/11/2020). Bertindak sebagai Pembina Apel, Pjs Bupati Sergai Ir H Irman, M.Si, Perwira Apel dr. Helminur Iskandar, M.Kes dan Pemimpin Apel Selamet Hartono, S.KM.

Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan apresiasi dan rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan yang menyentuh langsung kepada ASN dan masyarakat seperti pada hari ini.

Kegiatan ini, kata Pjs. Bupati, memang sengaja dilakukan bukan pada pagi hari, namun lewat pagi sekitar jam 10 ke atas. “ Hal demikian karena manfaat sinar matahari yang terbaik bagi tubuh didapat pada sekitar waktu tersebut sebagai salah satu treatment menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan daya tahan dari penyakit. Meski penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai mereda, mari tetap berpegang teguh pada kata kunci yaitu bagaimana kita selalu berdoa dan menjaga imunitas sebagai berikut obat dan penangkal terbaik Covid-19 karena sampai saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan di negara manapun,” katanya.

Irman melanjutkan, beberapa langkah strategis telah pihaknya lakukan untuk menangani Covid-19, mengingat dirinya juga merupakan Ketua Bidang Satgas Covid-19 Kabupaten Sergai, termasuk menerbitkan peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2020.

Dengan dikeluarkannya Perbup tersebut, ia mengatakan, akan memudahkan untuk melakukan tindakan-tindakan operasional mulai dari sosialisasi maupun tindakan-tindakan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

Pjs. Bupati mengatakan, langkah berikutnya adalah menggunakan kekuatan dan kewenangannya sebagai staf di provinsi untuk mendapatkan bantuan masker dan alat cuci tangan yang jumlahnya cukup banyak, masker, serta segala bantuan tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat khususnya kepada rumah ibadah karena dua poin dari 3M tersebut adalah menggunakan masker dan mencuci tangan.

“ Salah satu bukti konkrit dalam upaya kita bersama adalah kita telah mendapatkan bantuan masker dari Kementerian Kesehatan RI, dan ini bentuk mendahulukan masyarakat serta sebagai upaya upaya internal juga harus kita perbuat dan tingkatkan. Maka upaya tersebut harus dikhususkan kepada para tenaga medis untuk menjadi prioritas utama agar mereka terhindar dari Covid-19. Saya berharap setelah saya kembali bertugas ke provinsi maka upaya-upaya ini dapat terus dilanjutkan agar kesehatan masyarakat dapat terjaga dan meningkatkan angka kesembuhan di Kabupaten yang kita cintai ini. Hal demikian harus kita manfaatkan kita jaga dan kita tingkatkan serta jadi pelopor dan contoh bagi masyarakat dan jangan kita menghimbau kepada masyarakat melaksanakan 3M, sementara diri kita sendiri dan keluarga kita belum menerapkan hal tersebut. Dalam berbagai kesempatan disampaikan kepada warga masyarakat Kabupaten Sergai yang menunggu hasil SWAB terlalu lama maka melalui Kabupaten Sergai dan koordinasi saya dengan Satgas Covid-19 Provinsi maka hal tersebut dapat dipercepat,” tuturnya.

Selanjutnya, Pjs. Bupati mengingatkan, beberapa hari lagi Kabupaten Sergai akan melaksanakan Pilkada Serentak Kepala Daerah Tahun 2020. Ia berharap, seluruh pihak berkomitmen untuk mensukseskan Pilkada dengan dua cara yaitu yang pertama, jaga netralitas selagi memegang sumpah jabatan dan juga sebagai ASN, maka laksanakanlah netralitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sementara yang kedua, ia mengajak agar mari mengimbau diri sendiri dan keluarga untuk ikut memilih dan hadir di TPS sehingga dengan partisipasi yang tinggi maka akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang terbaik dan berkualitas untuk membawa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Bertuah ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Dengan kondisi-kondisi ke depan yang lebih komprehensif di pembangunan Serdang Bedagai, Irman menyebut, maka aspek aspek kesehatan juga harus kita tingkatkan.

“Mari perkuat upaya kesehatan, mari kita kuatkan kebersamaan dengan baik sehingga nantinya kita bersama sukseskan Pilkada serentak tahun 2020 dengan sebaik-baiknya. Semoga hari ini menjadi semangat bagi kita semua dan tidak ada kata terlambat semuanya harus terus kita konsisten untuk melaksanakan peraturan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Menutup kegiatan, Pjs Bupati Sergai mengajak seluruh peserta apel untuk bertepuk tangan selama dua menit sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada tenaga medis yang telah berjuang sebagai garda terdepan melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Di momen yang sama, juga dilaksanakan kegiatan pembagian masker yang berasal dari bantuan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, MM, menyebut kalau kegiatan ini mengambil tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. Selain itu, dr. Bulan juga menyebut, kegiatan ini pun bertujuan untuk mempromosikan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang Gerakan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Kegiatan apel HKN ke-56 ditandai dengan pembagian masker kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Sergai serta kepada masyarakat pengguna jalan di depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh ASN dapat menjadi penguat informasi kepada masyarakat agar seluruh masyarakat Sergai tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan gerakan 3M. Disamping itu pada hari ini juga Dinkes Sergai juga melaksanakan Gerakan 3T (Testing, Tracking dan Treatment) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, Dinkes membuka rapid test dan swab test di Klinik Bersaudara yang terbuka kepada ASN dan seluruh masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan ini turut pula dihadiri oleh Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, serta para ASN di lingkungan Pemkab Sergai. (MC/Sergai/Ardi)

334 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *