Jelang Akhir Tahun, Bupati Sergai Pimpin Rakor Pemerintahan dan Pembangunan

Sei Rampah,

Jelang akhir Tahun Anggaran 2020, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan dan Pembangunan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (14/12/2020)

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan rasa kesyukuran kepada Allah SWT bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat telah sukses dalam melaksanakan Pilkada Serentak dengan aman dan kondusif. Pertemuan hari ini intinya refleksi capaian-capaian serta rencana periode selanjutnya.

“ Hal yang menjadi catatan bahwa jumlah orang yang terkontaminasi Covid-19 semakin hari semakin meningkat, meskipun angka kesembuhan juga tinggi. Oleh karenanya, dengan adanya pandemi Covid-19 ini korelasinya terhadap tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sangat signifikan, artinya banyak hal yang kita rencanakan terutama dari segi pendapatan tidak tercapai. Oleh sebab itu saya mencatat beberapa hal yang perlu di-expose pada hari ini, yang pertama tentu saja mengenai kondisi keuangan ataupun serapan anggaran tahun kerja 2020 serta target pendapatan,” kata Bupati.

Bupati menyebut, bahwa dengan kondisi ini dirasakan memang akan berat beban untuk mengatur keuangan tersebut. Namun, sudah menjadi tekad kita bersama agar tahun anggaran 2020 ini kita tetap mencapai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan ini tugas kita semua untuk mempertahankannya. Dengan demikian agar OPD terkait dapat fokus dan bekerja keras karena WTP dapat tercapai jika kita tidak mengalami defisit anggaran serta hal lainnya yang menjadi syarat dari BPK RI, imbuhnya.

Kemudian, kata Bupati lagi, terkait target 21 Peraihan, hal ini menjadi bagian penting, meski dibeberapa sektor telah mencapai bahkan melebihi target, masih belum tuntas juga sebab target peraihan sektor-sektor lainnya masih belum tercapai.

Sedangkan menjelang peringatan HUT Kabupaten Sergai yang ke-17 ditahun 2021 mendatang, yang merupakan usia remaja bagi Kabupaten Sergai, maka kegiatan ceremony harus sesuai dengan protokol kesehatan, itu pun jika memungkinkan dilaksanakan.

 “ Catatan lain adalah kita juga sedang menerima CPNS dan semua rencana kerja 2020 ini barangkali perlu untuk disiapkan dengan sebaik-baiknya. Misalnya dari segi SAKIP, RT-RW diharapkan dapat diselesaikan dan diambil kesimpulan. Terakhir, banyak daerah sekarang mempersiapkan belajar tatap muka, sementara pandemi Covid-19 setiap hari bertambah. Maka dibutuhkan keputusan sesuai arahan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat karena dalam penerapannya, siswa sekolah akan sangat sulit disiplin agar pandemi tidak semakin meluas. Hal ini harus kita sikapi dan fahami sehingga dalam menghadapi kegiatan di 2021 kita akan semakin siap,” beber Soekirman.

Diakhir sambutannya Bupati berharap, terkait dengan pembangunan Masjid Agung dan Pusat Manasik Haji, agar kiranya nanti dapat disamakan peresmiannya di acara HUT Sergai yang ke-17 tahun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“ Diujung masa tugas kami, diharapkan kinerja OPD semakin maksimal guna tercapainya target pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya guna menunjukkan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai kepada masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Sekdakab H. M Faisal Hasrimy AP MAPmengapresiasi terhadap bimbingan, arahan serta harapan yang disampaikan oleh Bupati Sergai dalam Rakor ini, bahwa jajaran Pemkab Sergai terus berupaya dengan sebaik-baiknya dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab yang diberikan.

Sekdakab Faisal Hasrimy melaporkan terkait pandemi Covid-19, diharapkan kita dapat pro-aktif menjalin komunikasi dengan Pemprovsu maupun pemerintah pusat agar mendapatkan sokongan dana bantuan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai.

Sedangkan mengenai capaian pendapatan telah diinstruksikan kepada OPD agar dapat bekerja maksimal mencapai target yang telah ditentukan. “ Adanya komunikasi yang baik dengan Pemprovsu, kita mendapatkan dana bagi hasil yang cukup dalam menanggulangi kebutuhan kita di daerah. Selanjutnya kepada Inspektorat Kabupaten Sergai diminta untuk lebih intensif mengawasi progres penatausahaan keuangan OPD agar tetap mencapai target WTP,” ujar Sekda.

Mengenai rencana peringatan HUT Kabupaten Sergai yang ke-17, tambah Sekda, kita akan mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya yang juga direncanakan akan disandingkan dengan peresmian Masjid Agung dan Tempat Manasik Haji guna menunjukkan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. Terkait penerimaan CPNS berjalan dengan baik hingga saat ini. Untuk kegiatan belajar tatap muka, dibeberapa sekolah telah melaksanakan kegiatan tersebut namun tetap menunggu petunjuk dan saran dari Pemprovsu dan pemerintah pusat, tutup Sekda.

Kegiatan dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah dan diisi dengan penyampaian paparan oleh OPD terkait serta beberapa Kecamatan. MC Sergai Vivi/Rini

238 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *