Hari Jadi ke-17, Peresmian Masjid Agung Sebagai Ikon Kabupaten Sergai

Sei Rampah,

Usai menggelar Rapat Istimewa DPRD pada puncak perayaan Hari Jadi Kabupten Serdang Bedagai (Sergai) ke-17 Tahun 2021, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup H. Darma Wijaya meresmikan Masjid Agung Sergai yang berada di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, tepatnya di dekat Gerbang Tol Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (7/1/2020).

Turut serta dalam perhelatan tersebut, Ketua DPRD Sergai dr. M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE, MKM, Wabup Batubara Oky Iqbal Firma, SE, Forkompinda Plus, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy AP M.AP, Kakan Kemenag Sergai Drs Zulkifli Sitorus, MA, Ketua MUI Sergai, Ketua GOPTKI Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Bupati Sergai H. Soekirman menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-17 saat ini dalam suasana pandemi Covid-19.

“ Saya sangat prihatin dengan kondisi saat ini, oleh karenanya kita harus tetap waspada untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Meski tidak ada perayaan yang meriah dalam peringatan hari jadi Kabupaten Sergai, namun apa yang sudah kita lakukan saat ini sangat bermakna dan berarti sekali bagi masyarakat Sergai,” ujar Bupati.

Bupati menyebut, bahwasannya baru saja menerima Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri berupa surat perintah instruksi yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat sampai ke Jawa Timur dan diperintahkan kepada seluruh daerah di Indonesia untuk meningkatkan kembali Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pencegahan pandemi sampai ke desa-desa.

Terkait dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai, Bupati menceritakan bahwa 17 tahun tentang perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah sebuah kabupaten yang dulu bagian dari Kabupaten Deli Serdang kini telah menjelma menjadi sebuah kabupaten yang depenitif. Oleh karenanya, sebagai masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Sergai sebagai sebuah inspirasi dan motivasi bagi daerah kita tercinta.

Selanjutnya kita mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan era ini dengan karya dan prestasi lalu kita bingkai dengan catatan perjalanan hari ini dan kedepannya dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang gemilang. Begitu juga sebagai generasi penerus mari kita jadikan sejarah sebagai sebuah rangkaian peristiwa penuh makna dan hikmah.

“ Pada hari ini kita sebagai masyarakat Sergai patut berbangga karena kita baru saja menyaksikan peresmian dan penandatanganan prasasti Masjid Agung sebagai ikon Kabupaten Sergai yang akan menjadi objek wisata religi dan dapat dimanfaatkan saat manasik haji bagi para calon jamaah haji serta dapat dijadikan tempat praktek manasik haji bagi peserta didik. Kita tentunya berharap Masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga dapat memakmurkan jama’ahnya, Selain itu juga sebagai tempat yang dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan Islami lainnya,” ungkapnya.

Bupati Soekirman menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai puncak acara dari serangkaian kegiatan perayaan Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-17. Acara ini dilaksanakan sebagai apresiasi Pemkab Sergai kepada seluruh masyarakat sebagai ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan selama ini.

Seperti kita ketahui bersama ini adalah tahun terakhir pada periodisasi Kepemimpinan Soekirman-Darma Wijaya atau yang kita kenal selama ini dengan istilah “Bersaudara”. Di akhir periode Kepemimpinan kami telah berhasil mendapatkan pondasi-pondasi tata kelola pemerintahan yang akuntabel, profesional dan memenuhi prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintah yang baik atau good governance. “ Saya berharap dikepemimpinan yang baru nanti dapat semakin memajukan Kabupaten Sergai jauh lebih baik lagi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M Riski Ramadhan Hasibuan SH SE, MKM menyampaikan bahwa pemerintah daerah bersama dengan lembaga DPRD Sergai dan seluruh tokoh masyarakat, tokoh-tokoh pemekaran yang memberikan sumbangsih pemikiran untuk pembangunan di Kabupaten Sergai selama 17 tahun bukan hal yang mudah. Selama 17 tahun itu bukan hal yang singkat tapi sudah banyak yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama seluruh jajaran DPRD Sergai pastinya dengan harapan ke depan antara lembaga DPRD dan juga Eksekutif saling bekerjasama dan bersinergi untuk membantu memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan.

Terkait dengan pandemi Convid-19, hingga saat ini masih berlangsung yang berimbas pada pelaksanaan pendidikan yang masih dilakukan secara daring. Hal ini harus dirapatkan dan dibicarakan bersama untuk mengambil keputusan yang terbaik terkait pembelajaran tatap muka. “ Harapan kita semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita dapat beraktivitas dengan normal kembali,” imbuhnya. (MC/Sergai/Rini/vivi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *