Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sebagai Puncak Hari Jadi ke-17 Kabupaten Sergai

Sei Rampah,

Pada puncak peringatan Hari Jadi ke-17 Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD bertempat di Gedung DPRD  Kabupaten Sergai di Sei Rampah, Kamis (7/1/2021).

Hadir dalam kegiatan, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Anggota DPRD Sumut, Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan SH, SE, MKM beserta Wakil Ketua, Forkopimda Plus, Wabup H Darma Wijaya, Wabup Batubara Oky Iqbal Firma, SE, Sekdakab H.M Faisal Hasrimy AP MAP, Anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Tokoh Pemekaran H. David Purba, Kakan Kemenag Drs Zulkifli Sitorus MA, Kepala BPS Herman SE, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan baik hadir langsung maupun secara daring.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-17 ini tahun 2021 merupakan tahun terakhir pasangan H. Soekirman dengan H. Darma Wijaya dalam melaksanakan amanah menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016 – 2021. Oleh karenanya, sudah sepatutnya kita memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan karunia dan ridhonya telah mengantarkan Kabupaten yang kita cintai ini sampai ke ulang tahunnya yang ke-17, dalam kondisi aman dan kondusif, sehingga diharapkan kita mampu mewujudkannya menjadi Kabupaten yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Peringatan Hari Jadi di Tengah Pandemi Covid-19

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sergai ini, ungkap Bupati lagi, sedikit berbeda sebagaimana peringatan pada tahun sebelumnya kita peringati. Hal ini terjadi karena situasi saat ini masih diliputi Pandemi Covid-19, sehingga semua kegiatan harus dilaksanakan melalui daring/virtual, dengan tujuan untuk menghindari kerumunan orang agar dapat menekan laju penyebaran virus corona di kabupaten tercinta kita ini, dengan kondisi kita saat ini.

“ Walaupun dengan tidak adanya kegiatan perayaan seperti tahun sebelumnya, Saya mengharapkan tidak mengurangi rasa syukur dan bangga terhadap kabupaten kita ini, kemudian peringatan hari jadi ini bukan hanya kegiatan seremonial semata ataupun untuk mengenang historis masa lalu, tetapi harus kita jadikan sebagai evaluasi dan motivasi sehingga mampu mendorong akselerasi atau percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan visi dan misi kabupaten yang kita cintai ini,” cetus Bupati.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, bahwa pada tahun 2021 ini, kita mengusung thema “ Pemantapan Sektor Pertanian dan Pariwisata dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan SDM yang Unggul dan Berdaya Saing”. Melalui thema ini pada tahun 2021 prioritas pembangunan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat kita arahkan pada pemantapan sektor pertanian dan pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan merata serta dapat mengentaskan kemiskinan, pemantapan kualitas hidup masyarakat dalam mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing dan pemantapan tata kelola pemerintahan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil.

Peningkatan Beberapa Indikator Makro Sosial Ekonomi

Bupati mengutarakan bahwa dari tahun ketahun kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sergai terus meningkat, hal ini ditandai dengan beberapa indikator makro sosial ekonomi seperti meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kabupaten, menurunnya tingkat kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sergai. PDRB Atas Dasar Harga Berlaku (PDRB ADHB) sebesar Rp 25,99 triliyun rupiah pada tahun 2018, meningkat menjadi Rp 27,95 triliyun rupiah pada tahun 2019. Untuk tingkat kemiskinan mengalami penurunan dari 8,22% pada tahun 2018 menjadi 7,90% di tahun 2019, demikian juga untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mengalami tren positif/menurun dari 5,10% di tahun 2018 menjadi 4,37% di tahun 2019. dan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan, yaitu dari  69,69 pada tahun 2018, meningkat menjadi 70,21 pada tahun 2019.

Sedangkan pada bidang pelayanan umum, dapat ditandai dengan meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan dari beberapa bidang yang menjadi urusan wajib dan urusan pilihan serta unsur penunjang urusan pemerintahan daerah. Untuk kabupaten sampai saat ini kita memiliki 6 urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, 16 urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, 5 urusan pilihan dan 5 unsur penunjang urusan pemerintahan daerah, terangnya.

Kemudian Bupati menambahkan bahwa pembangunan Kabupaten Sergai bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita semua. Dalam hal ini BAPPEDA selaku Sekretariat Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (F-TJSLP) pada tahun 2019-2020 bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sergai telah melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut, pertama, kontribusi penanganan dampak covid-19 berupa paket sembako, alat dan bahan cuci tangan, penyemprotan disinfektan, serta peralatan alat pelindung diri (APD), kedua, Perbaikan prasarana sekolah yaitu perbaikan jamban pada MDA di Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul, ketiga, pemberian bantuan beasiswa pada program Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Selanjutnya keempat, pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan dan Desa Lubuk Bayas Kecamatan Perbaungan. Kelima, peningkatan perekonomian dengan bantuan gerobak jualan UMKM dan bibit ikan dan keenam pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Desa Naga Kisar dan Desa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar.

Terakhir Bupati Soekirman menyebut bahwa kemajuan dan peningkatan kinerja dalam pembangunan pada tahun 2019, Kabupaten Sergai juga memperoleh beberapa prestasi dan penghargaan baik dari tingkat nasional maupun tingkat Provinsi Sumatera Utara. prestasi dan penghargaan tersebut dapat dilihat di laman website Kabupaten Sergai.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sergai Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi nyata dalam mendukung dan memajukan Kabupaten Sergai. Hal ini secara khusus saya tujukan kepada para tokoh pemekaran, para mantan Penjabat Bupati dan Bupati Sergai dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Sergai, pungkasnya mengakhiri sambutan.

Partisipasi Aktif Elemen Masyarakat Membangun Sergai

Sementara itu, Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE MKM menyampaikan bahwa dalam suasana khidmat ini kita dapat mensyukuri nikmat di usia ke-17 tahun yang merupakan usia beranjak dewasa dengan 223 Perda hingga sekarang. DPRD bersama seluruh unsur Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan Forkopimda Plus serta partisipasi aktif seluruh masyarakat turut serta membangun Kabupaten Sergai yang kita cintai ini. Momen ini sangat tepat untuk memajukan perekonomian melalui UMKM dan usaha kreatif lainnya sehingga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif serta masyarakat bisa dan mampu bangkit sekaligus meningkatkan kesejahteraannya.

“ Ucapan terimakasih kepada tokoh pemekaran Kabupaten Sergai ini atas jasa-jasanya sehingga terbentuknya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Peningkatan ekonomi masyarakat kreatif menjadi perhatian penuh bagi DPRD untuk didukung dan dikembangkan yang berdampak bagi peningkatan perekonomian dan PAD. Mari kita munculkan inovasi dan terobosan agar UMKM dan ekonomi kreatif kita semakin maju dan sejahtera,” imbuhnya.

Terkait infrastruktur jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Sergai, telah banyak yang dibangun dan telah semakin banyak jalan yang dalam kondisi baik dan layak serta kami terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur jalan dalam kondisi baik di daerah kita ini.

“ Kepada generasi muda, kami letakkan kepercayaan kepada kalian sebagai penerus bangsa dalam melanjutkan pembangunan. Maka dari itu mari jaga kecemerlangan pemikiran kita dengan menjauhi penyalahgunaan narkoba serta melakukan hal yang positif karena masa depan bangsa dan negara ada dipundak generasi muda. Selanjutnya kami ingatkan kepada seluruh masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 karena sampai sekarang pandemi ini masih jauh dari selesai. Mari tetap ketat menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” tutupnya.

Kegiatan diisi dengan pemberian bingkisan kepada Keluarga dan Tokoh Pemekaran Kabupaten Sergai. MC Sergai/vivi/rini

389 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *